Traveling Makanan Sehat Bagi Jiwa

0
810
Pencinta traveling dengan latar Gunung Singgalang Sumarera Barat.
- Advertisement -

PINISI.co.id-Rumus hidup sehat itu adalah keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan fisik dan jiwa. Kalau salah satunya kurang atau tidak seimbang, bisa mempengaruhi kinerja organ tubuh secara keseluruhan. Karena itu, sekarang praktisi kesehatan tidak hanya fokus pada kesehatan fisik saja, tapi juga fokus memperhatikan sejauhmana kesehatan jiwa itu mempengaruhi secara keseluruhan.

Dari sinilah intinya tulisan ini menarik dimaknai, karena selama ini tanpa kita sadari sudah bersikap tidak adil kepada jiwa. Betapa tidak, tiap hari melakukan rutinitas pekerjaan, malamnya masih lanjut lagi mengerjakan tugas yang tertunda. 

Untuk tetap berenergi dan bersemangat, fisik tentu butuh makanan yang menyehatkan. Makan nasi, ayam, ikan, sayuran, buah-buahan, susu, dan lain-lain. Pokoknya semua makanan yang bergizi dan menyehatkan dibeli untuk di simpan di kulkas. Kita terus berusaha memberi makanan tubuh yang sehat, enak dan halal tentunya.

Namun disisi lain, kita tidak sadar kalau bukan hanya tubuh (fisik) yang butuh makanan, tetapi jiwa kita juga membutuhkan makanan yang sehat. Namun selama ini kita hanya fokus memberi makanan kepada tubuh dan mengabaikan makanan jiwa.

Karena itu saatnya kita bersikap adil kepada jiwa dengan memberi porsi makanan yang seimbang. Adapun makanan lezat dan menu jiwa yang paling menyehatkan adalah traveling ke beberapa destinasi wisata dengan menyesuaikan isi kantong.  Maksudnya jangan memaksakan melakukan perjalanan wisata ke destinasi yang berbiaya tinggi, karena awalnya mencari makanan lezat jiwa bisa berobah menjadi racun jiwa karena stres mikirin biaya. 

- Advertisement -

Waktu liburan adalah momen paling indah memberi makanan sehat kepada jiwa. Hal ini menjadi penting, karena sejatinya dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, dan dalam jiwa yang sehat terdapat pikiran yang jerni, sementara pikiran yang jernih adalah “rahim” karya-karya besar yang akan menjadi pondasi bangunan peradaban. Itulah sebabnya para filosof menganjurkan kembali ke alam, karena penyembuh paling menyehatkan adalah alam. Jadi mari kita kembali ke alam melalui traveling untuk memberi makanan sehat kepada jiwa kita. 

(Salam damai hati, bahagia jiwa, jernih pikiran #Sipil Institute)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here