Menteri Basuki Targetkan Pembangunan Memorial Park IKN Rampung 16 Agustus 2024

0
148
- Advertisement -

 

PINISI.co.id- Pada kunjungan kerjanya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan ke Memorial Park, Senin (24/6).

Dalam tinjauan ini Menteri Basuki menargetkan pembangunan Memorial Park selesai pada 16 Agustus 2024 atau satu hari sebelum perayaan upacara HUT Republik Indonesia ke-79 yang diselenggarakan secara hybrid di IKN dan Jakarta. “Ini adalah _event_ penting, harus bisa dan harus semangat,” kata Menteri Basuki.

Di samping itu, Menteri Basuki juga meminta pengindahan Memorial Park untuk segera dikerjakan. “Saya minta untuk mulai ditanami, jangan tunggu pekerjaan selesai biar kelihatan hidup. Saya minta pertengahan Juli sudah rapi, _ambience_ terlihat mau seperti apa,” tambah Menteri Basuki.

Memorial Park dibangun sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan pendiri bangsa yang telah memerdekakan Indonesia. Pembangunan Memorial Park akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang akan menjadi _point of view_ di IKN yang mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN. Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024.

- Advertisement -

Memorial Park IKN dibangun oleh Nindya Karya – Penta KSO dengan biaya Rp335 miliar. Area Memorial Park memiliki luas 2.034 m2 terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga seluas 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap. Area terbuka Memorial Park dapat menampung 1.000 orang.

Progres pekerjaan struktur Memorial Park 40%, pekerjaan patung 61%, progres pekerjaan struktur Bukit Bendera 50%, pekerjaan tiang bendera 50%, pekerjaan fisik Beranda Nusantara 65%.

Rencananya Beranda Nusantara akan digunakan sebagai lokasi upacara HUT RI ke-79 jika hujan turun. Untuk itu Menteri Basuki minta mempercepat penyelesaian Beranda Nusantara. “Saya minta untuk dipercepat, tambah lagi pekerjanya. Minggu kedua Juli saya harap sudah selesai,” ungkap Menteri Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Wamen ATR/Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra. (Syam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here