KKSS-IWSS Samarinda Tanggap Covid 19, Bagikan Paket Sembako Tahap III

0
465
Kepala Dinas Sosial Pemkot Samarinda Dr.H.M Ridwan Tasa (dua kiri) menerima secara simbolis paket sembako dari Ketua Tim KKSS-IWSS TANGGAP COVID-19 Dr.H.Rusman Yakub (paling kiri) disaksikan penasehat KKSS Samarinda H.Gunawan Tantu, SH (baju merah) dan Ketua Harian Drs.H.M.JUnaid (ujung kanan).

PINISI.co.id- Ketua Tim KKSS-IWSS SAMARINDA TANGGAP COVID-19 Dr. H. Rusman Ya’qub menyatakan tim yang dipimpinnya akan terus bekerja sampai waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut disampaikan sehubungan telah selesainya pembagian paket sembako Tahap III.

“Hingga hari ini kami telah membagikan 1.000-an paket sembako dalam tiga tahap. Yang menggembirakan partisipasi warga KKSS-IWSS terus mengalir. Tadi pagi misalnya, saya mendapat telpon dari warga yang ingin menyumbang 100 paket sembako. Demikian juga donasi tanggap Covid-19 yang masuk ke rekening BPD KKSS Samarinda masih terus bertambah,” ujar Rusman Ya’qub, yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, saat PINISI.co.id., berkunjung ke kediamannya, Jum’at (22/5/20).

Dengan kenyataan itu serta pertimbangan pandemi masih berlangsung, maka dalam rapat telah diputuskan agar kerja tim dilanjutkan dan kegiatan tahap IV akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1441-H. Menurut Rusman, kerja tim yang dimaksud selain pembagian paket sembako, juga termasuk memberikan informasi-informasi positif, meluruskan berita-berita hoaks, serta bekerjasama dengan pemerintah dan elemen masyarakat lainnya.

Secara terpisah, Ketua IWSS Samarinda dr. Hj. Padilah Mante Runa, M.Si., MARS., menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini hingga tahap III. Dan dengan memperhatikan perkembangan yang ada, Padillah –yang juga Direktur RSJ Atma Husada Samarinda sejak tahun 2012–, menyatakan sikap optimis atas partisipasi warga KKSS-IWSS Samarinda yang signifikan dalam program bantuan paket sembako ini. 

“Dalam tahap selanjutnya, kita akan mempertimbangkan untuk juga menyasar panti asuhan serta tenaga kesehatan yang secara langsung terlibat penanganan Covid-19. Setidaknya ini menunjukkan bahwa kita hadir dan peduli dengan kondisi yang terjadi,” ungkap Padilah, yang juga istri sesepuh KKSS Kaltim, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si.  

- Advertisement -

Beberapa hari sebelumnya, Tim KKSS-IWSS SAMARINDA TANGGAP COVID-19 telah membagikan paket sembako tahap III. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2020, dan secara simbolis diterima Pemerintah Kota Samarinda yang diwakili Kepala Dinas Sosial Dr. H.M. Ridwan Tasa. Turut hadir Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda H. Nursan Thalib, S.Sos., Sekretaris Dewan Penasehat KKSS Samarinda Ir. H. Imran Duse, Ketua Harian Drs. H.M. Junaid, Sekretaris H. Abdul Jalil, S.Ag, serta beberapa tokoh KKSS Samarinda, antara lain, H. Gunawan Tantu, SH., Ir. H. Walinono, MT., Dr. Asryl.

Dalam kesempatan tersebut, HM. Ridwan Tasa menyampaikan  apresiasi atas kepedulian warga KKSS dan IWSS Samarinda yang telah ikut serta membantu kesusahan yang dialami sebagian masyarakat akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangatlah positif sebagai bentuk kegotongroyongan dan solidaritas yang tumbuh baik di tengah masyarakat.

“Pemerintah Kota Samarinda menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas inisiatif keluarga besar KKSS dan IWSS Samarinda untuk hadir di tengah kesulitan yang dihadapi warga sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Dengan bergotong royong seperti ini akan menjadi modal sosial bagi kita semua untuk melewati masa-masa sulit ini,” kata Ridwan Tasa.

Sementara itu, Rusman Ya’qub dalam pengantarnya menyampaikan sumber dana kegiatan ini merupakan murni swadaya warga KKSS dan IWSS Samarinda. Penggalangan dana dilakukan melalui WA Grup KKSS dan IWSS dan berlangsung hanya dalam beberapa pekan. Ini menunjukkan tingkat keterpanggilan warga yang cukup baik.

“Kiranya apa yang dilakukan keluarga besar KKSS Samarinda dilihat sebagai wujud kepedulian dan tanda bahwa ikut merasakan kesusahan saudara kita. Kesusahan ini akan kita hadapi secara bersama-sama,” imbuh Rusman Ya’qub.

Di tempat yang sama, Ketua Harian KKSS Samarinda H.M. Junaid bahwa ada sejumlah BPC KKSS di Samarinda yang juga melakukan aksi kemanusiaan serupa. Dia mencontohkan BPC KKSS Sungai Kunjang, yang dalam pekan sebelumnya juga membagikan 350 paket sembako kepada warga yang ada di Kecamatan Sungai Kunjang tersebut.

“Sehingga kalau kita total, KKSS-IWSS Samarinda telah membagi sekitar 1.500 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19. Pesan penting yang kami ingin bagi di sini bahwa kami ada bersama saudara-saudara kita yang terdampak,” ujar Junaid, yang juga Sekretaris Dekopinwil Kalimantan Timur, menutup perbincangan dengan PINISI.co.id.

[Lip/ID]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here