Kamaruddin Karaeng Jemang Pimpin HMB Jabar; HMB Akan Bentuk Pengurus di Seluruh Indonesia

0
544
Ketua Umum HMB Jumrana Salikki, (enam kanan berdiri) bersama Ketua HMB Jabar dan pengurus pengurus HMB Jabar di Bandung, 19/1/20.

PINISI.co.id- Kamaruddin  Karaeng Jemang yang akrab disapa Andi Atho terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah  Himpunan Masyarakat Bulukumba  (DPW-HMB) Jawa Barat dalam tudang sipulung warga Bulukumba di Bandung, Minggu, (19/1/20).

Andi Atho merasa terharu sesaat terpilih dan siap menerima amanah sebagai nakhoda pertama HMB di Jawa Barat. “Insya Allah saya siap  mengemban amanah, semoga  HMB di Jawa Barat dapat terus berkembang dan menjadi wadah pemersatu masyarakat Bulukumba sebagaimana amanah Ibu Ketua Umum HMB,” kata Andi Atho.

Pasca pengukuhan HMB di Jakarta 5 Januari 2020 lalu, organisasi sosial kemasyarakatan yang menghimpun warga Bulukumba di daerah rantauan merupakan salah satu pilar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan  ( KKSS ) yang eksis sejak tahun 2003.

Melalui duet Ketua Umumnya, Jumrana Salikki dan Sekum  Ashar Juraeje, HMB terus membentuk kepengurusan DPW di seluruh Indonesia.  

Ketua Umum HMB Jumrana Salikki mengatakan, HMB adalah tempat berhimpun warga Bulukumba yang berada di luar Sulawesi Selatan. “HMB dibentuk untuk menjalin ukhuwa sesama perantau yang berasal dari Kabupaten Bulukumba. Misinya adalah saling membantu saudara se perantauan juga mengembangkan agama, adat  serta budaya Bukukumba,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa dengan bangkitnya HMB, banyak hikmah yang bisa dipetik, di antaranya semakin mempererat silaturahmi, saling mengenal dan  memperkuat budaya termasuk membiasakan memakai  bahasa Konjo, sebagai bahasa asli Bulukumba selain Bugis Makassar.

Menurut Jumrana, bahasa Konjo harus lebih dimasyarakatkan agar bahasa ini tidak punah. Bukukumba terkenal sebagai pembuat perahu terbaik di dunia. Adapun dari segi keindahan alam, Bulukumba tidak kalah dengan Bali. “Jadi kita harus bangga dengan budaya dan daerah kita sebagai salah satu kekuatan bangsa Indonesia,” kata Wakil Ketua Umum KKSS ini.

Ashar  Juraeje menambahkan, bahwa DPP HMB akan membentuk DPW  di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai warga Bulukumba sebagai anggotanya kecuali di Kabupaten Bulukumba sendiri.

“Ke depan kita akan terus berkembang dengan tetap berpatokan pada struktur kerja di KKSS karena HMB merupakan pilar KKSS,” tegasnya. [Solihin Samad]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here