Bachtiar Adnan Kusuma: Menulis Biografi Bekalnya Kuasai Teknik Pengumpulan Data, Relation dan Publisitas

0
452
- Advertisement -

PINISI.co.id- Penulis buku biografi Tokoh Nasional dan Lokal, Bachtiar Adnan Kusuma, membedah Teknik Penulisan Buku Biografi di Kelas Menulis Nasional, Elipsis yang dipimpin Rektornya, Muhammad Subhan. Kelas menulis jarak jauh dihadiri dari berbagai peserta dari Aceh, Jawa Timur, Maluku Utara, Sulawesi, Sumatera, Jakarta, Nusatenggara dan Jawa Barat, menampilkan pembicara bertaraf nasional, membentangkan dua hal penting dikuasai dalam menulis biografi tokoh.

Pertama, sang penulis wajib memiliki kemampuan awal jurnalistik yaitu teknik wawancara, investigatif reporting, pemasaran dan kemampuan menulis semi sastra. Kedua, mampu menggali seluasnya tentang sang tokoh dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder, mengembangkan bahan menjadi produktif, naratif dan mengungkap sedalam-dalamnya tentang sang tokoh.

Menurut BAK, menulis biografi tokoh sifatnya prospektif dan menantang. Mengapa BAK fokus menulis biografi? Selain katanya banyak belajar dari sang tokoh yang ditulis atas keberhasilannya, sebuah universitas kehidupan, juga menatang sang tokoh mengingat kembali kisi-kisi hidupnya yang mereka sudah lupa.

Salah seorang peserta dari Maluku Utara, Edi Kurniawan, guru dan pegiat literasi, mengakui kalau materi yang disampaikan oleh Bachtiar Adnan Kusuma, seorang dengan sarat pengalaman di dunia penulisan, tentu selain menarik sajiannya detail dan mampu memberikan spirit bagi kami sebagai kaum milenial untuk terus bergerak menulis dan berliterasi. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here