Upaya Tangkal Covid-19, KKSS Donasikan APD ke Pemprov Sulawesi Selatan

0
259
Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna (kanan) didampingi Zaenal Abidin, Keua Departemen Kesehatan KKSS, menyerahkan perangkat APD ke Kepala Perwakilan Sulsel Erza S di Kantor Perwakilan Pemprov Sulsel Jakarta.

PINISI.co.id- Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna didampingi  Ketua Departemen Kesehatan dr. Zaenal Abidin menyerahkan paket APD (alat pelindung diri) — mirip pakaian astronot — kepada tim kesehatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Erza S, Kepala Penghubung Pemprov Sulsel di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Langkah cepat diambil Muchlis ini, melihat kondisi terbatasnya perlengkapan APD bagi garda terdepan tenaga medis yaitu dokter, perawat dan lainnya di rumah sakit. Mereka ini adalah tulang punggung dalam membantu menyelamatkan penyintas Covid-19.

“Nyawa adalah taruhannya. Mereka tidak mengenal lelah, siang dan malam bekerja. Tingkat stres pun pastinya tinggi. Semoga saudara-saudara kita, para tim medis selamat dalam melaksanakan tugas kemanusiaan yang berat sekarang ini,” harap Muchlis.

Menurut Muchlis, donasi ke Sulawesi Selatan sebagai bagian wujud kepedulian KKSS ke kampung halaman. Besaran donasi ini relatif, akan tetapi bagaimana niat ikhlas dalam membangun kebersamaan. Ada pesse atau passe’. Donasi ini diambil dari kas Gemiliar KKSS dan sumbangan KKSS Peduli Covid-19.

Muchlis bergandengan tangan dengan Zaenal Abidin, — Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, periode lalu. Dalam hitungan beberapa jam, perlengkapan yang dibutuhkan sejumlah alat pelindung diri, ‘pakaian astronot’  yang bisa dicuci, helm safety, tutup kepala, kaca mata google, masker N 95, baju coveral, sarung tangan, sarung tangan safety, sepatu safety, disposible shoe cover

Zaenal yang berpengalaman dalam penanganan kebencanaan dan kemanusiaan dari aspek kesehatan mengambil langkah cepat dan terukur. “Saat ini setiap orang diharapkan berdiam diri di rumah dan menjaga kesehatan. Apalagi APD dan  kebutuhan kesehatan lainnya semakin terbatas di pasaran,” kata Zaenal.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah langsung merespon dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KKSS atas perhatian luar biasa mengingat APD bagi daerah lagi butuh-butuhnya.

 “Terima kasih banyak, atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel. Kami langsung salurkan,” kata Nurdin kepada Muchlis lewat pesan WhatsApp. [PK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here