Saling Memaafkan, Warga KKSS New York Berhalal Bihalal dengan Sajian Coto Makassar

0
1316
Warga KKSS New York menggelar halal bihalal di kawasan Long Island. Hadir KOnjen RI Arifin Saiman yang berdiri di tengah-tengah warga.
- Advertisement -

PINISI.co.id- Selang dua hari setelah melakukan shalat Idul Fitri warga KKSS New York City menggelar Halal Bihalal di kediaman Sekretaris KKSS Siti Hajar di Long Island, New York, 17 Mei 2021 lalu.

Ketua KKSS New York Syaiful Hamid didampingi istri menyambut Konjen RI Arifi Saiman yang menghadiri acara silaturahim antar warga itu dalam suasana Lebaran.

Sebelumnya Syaiful memimpin lansung warga KKSS dan warga Indonesia lainnya shalat Id di masjid Al-Hikmah, pada Kamis 14 Mei 2021 waktu setempat.

Lokasi acara di Long Island sungguh romantik sebab di pelatarannya terdapat kanal yang dilalui perahu bermesin sebagai moda transportasi. Kawasan ini merupakan hunian multi etnik dan bangsa di ibu kota dunia itu, seperti halnya warga KKSS yang tinggal di sini.

“Ini cocok betul dengan tempat orang Bugis, banyak perahu dan airnya,” kata Arifi Saiman berkelakar.

- Advertisement -

Tidak hanya warga KKSS asal Wajo, Maros, Makassar, Soppeng, Sinjai, Sidrap dan Bone, sejumlah warga kulit putih yang masih sekerabatan dengan warga KKSS juga datang ke acara untuk saling bermaafan. “Biarpun di New York, kita bisa kumpul-kumpul mencicipi coto makassar dan ikan bakar,” ujar Humas KKSS New York Mustari Siara.

Sebetulnya sepulang shalat Id warga KKSS telah bersua di halaman masjid dan saling menyapa dalam bahasa Bugis dan Makassar. Dari situ terpikir untuk menghelat halal bihalal.

Hidangan spesial di Long Island, serasa di kampung halaman yang ribuan kilometer jauhnya. Atmosfer seperti anak sungai, rumah yang sebagian terbuat dari kayu ditambah coto makassar berikut burasnya, hidangan sate, rendang, udang, dan minuman es kopi dan berbagi kudapan ringan lainnya menautkan akan tanah leluhur.

““Sungguh istimewa sajiannya, coto mengobati rasa rindu sesama di rantau,” ujar Daeng Udin.

Lebih awal pemuka Islam New York asal Bulukumba Shamsi Ali bersama warga KKSS dan masyarakat Indonesia lainnya mengadakan Halal Bihalal di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di kota Moodus, Connecticut, AS, 15 Mei. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here