Produk Makanan-Minuman RI Hasilkan Transaksi 15,68 Juta Dolar Pada Pameran Dagang Cafex Expo Kairo

0
630
- Advertisement -

PINISI.co.id- Pada 20 April 2024, produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia berhasil mencetak transaksi potensial senilai 15,68 juta dolar AS atau setara Rp. 253 miliar (kurs 1 USD = Rp. 16,184) pada tiga hari pameran di Cafex Expo yang berlangsung pada 18 – 20 April 2024 di Egypt International Exhibitions Center (EIEC), Kairo, Mesir.

“Keikutsertaan Indonesia pada pameran dagang ini sangat penting guna memperluas pangsa ekspor produk Indonesia ke wilayah Mesir dan sekitarnya,” kata Duta Besar RI untuk Mesir, Dr. (H.C.) Lutfi Rauf.

Duta Besar RI di Kairo Lutfi Rauf menerangkan dalam pameran ini, transaksi terbesar diraih oleh produk biji kopi Indonesia, disusul oleh bubuk kakao, kelapa dan turunannya dan briket arang. Pameran ini seperti reuni, tempat bertemunya kembali para pelaku impor produk-produk unggulan Indonesia.

Dubes Lutfi menekankan kepada para eksportir dan suplier Indonesia agar dapat memenuhi permintaan yang telah menjadi kesepakatan kontrak kerjasama perdagangan ekspor sehingga yang kita harapkan bersama adalah repeat order, pengulangan permintaan produk di masa-masa yang akan datang.

- Advertisement -

Pameran tersebut diikuti 11 pelaku usaha Indonesia di sektor mamin dan produk turunan agro industri yaitu PT Global Kepri, CV. Morisama Sulawesi Selatan, PT. CMN Internasional Indonesia, PT. Siraj Badawi Cukup Rupiah (SBCR) Surabjaya Food, PT. Kans Agro Indonesia, PT. Indo Expo Sejahtera, PT. Ben Java Nusantara (Binaan PPI Dunia), PT. Andalus Bangun Global, PT. Hadin Metavisi Akademika Univ. Hasanuddin, PT. Golden Coffee dan PT. Asal Jaya dan 3 pelaku usaha Mesir yang menjadi distributor produk Indonesia yaitu Villa Sumatra, Haggag for Import Co dan Al Fayoumy for Food Trading, Imports, Exports and Distribution.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti menerangkan produk makanan minuman RI yang dipamerkan diantaranya biji kopi spesialti, kopi robusta, kopi arabika, bubuk kakao, coklat, rumput laut, madu, briket arang batok kelapa, coco peat, tuna, kecap dan saos, rempah-rempah,mentega putih, buah mamay sapote, kerajinan tangan dan produk perlengkapan rumah tangga.

Atdag Syahran menambahkan, kesuksesan Paviliun Indonesia pada Cafex Expo 2024 ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendag dengan KBRI Kairo, dan tentunya nilai transaksi diproyeksikan masih akan bertambah seiring upaya negosiasi lanjutan yang dilakukan peserta eksibitor Indonesia usai pameran berlangsung.

Selain itu produk pakan ternak, produk kecap, saos, sambal, sirup dan gula batu, peralatan rumah tangga, briket arang, tuna kalengan, produk makanan beku masih terus dipromosikan hingga mendapatkan buyer potensial, sebagaimana disampaikan Tim Ekonomi dan Perdagangan KBRI Kairo.

Selanjutnya guna mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, KBRI Kairo juga mempersembahkan tari tarian nusantara diantaranya tari Ratoh Jaroe dari Aceh, Tari Gajak Gijik dari Jakarta dan Tari Kontemporer Asmaradana untuk menghibur para pengunjung pameran Cafex 2024 dan pemutaran video pariwisata Indonesia pada layar Paviluiun Indonesia yang ditayangkan selama pameran bergantian dengan beragam komoditi potensial dan produk strategis Indonesia. di sela-sela Pameran Cafex 2024 ini, pihak penyelenggara juga menggelar kompetisi memasak dan kompetisi barista kopi. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here