Pilar HMB Dikukuhkan: Penguatan dan Sinergi dengan KKSS

0
576
Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna (kiri) mengambil sumpah pengurus HMB di Jakarta. Minggu 5 Januari 2020.

PINISI.co.id- Penguatan Pilar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menjadi isu sentral yang diusung dalam pelantikan pengurus Himpunan Masyarakat Bulukumba (HMB) di gedung Serbaguna DPR RI, Jakarta, Minggu (5/1/20).

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat KKSS Muchlis Patahna, yang melantik dan mengambil sumpah Jumrana Salikki sebagai Ketua Umum HMB beserta jajarannya, mengungkapkan bahwa Pilar HMB harus menjadi motor penggerak buat Pilar-pilar lainnya di KKSS.

“Tidak boleh ada Pilar yang merasa lebih besar daripada KKSS. Pilar itu adalah tiang dan penyangga KKSS sebagai rumah besar kita. Ia melandasi filosofi KKSS yaitu menjaga kerukunan,” tegas Muchlis.

Muchlis mengingatkan, jika Pilarnya rapuh maka rapuh pula KKSS.

Masalah Pilar tak ubahnya kerikil kecil dalam paguyuban KKSS. Muchlis dan Jumrana menyoalkan status sejumlah Pilar KKSS menyusul  beberapa Pilar yang memiliki dualisme kepemimpinan. “Masalah Pilar segera kita tata lebih baik,” tutur Muchlis.  

Ketua HMB 2019-2024 Jumrana, mewanti-wanti bahwa Pilar yang diakui yang berdomilisi di Ibu Kota, bukan di Sulawesi Selatan. Terserah kalau di Makassar mau menamakan dirinya sebagai organisasi apa. Yang jelas, kata Jumrana dalam sambutannya, HMB adalah Pilar yang berdiri di Jakarta sejak tahun 2003 dengan pendiri Aspar Paturusi, Kol. Abu Bakar (alm) dan Jumrana Salikki. Setelah sekian lama vakum, Jumrana berjanji akan kembali menjayakan HMB.   

“Karena itu Pilar harus bersinergi dengan BPP KKSS yang diwujudkan dalam program-progam organisasi. Kalau Pilar kuat, maka KKSS juga kuat,” jelas Jumrana yang juga Wakil Ketua Umum KKSS.

Dalam struktur kepengurusan HMB tampak diwarnai oleh generasi muda dan milineal. Wakil Sekretaris Jenderal KKSS Anwar Esfa yang membacakan Surat Keputusan Pengurus HMB antara lain menyebutkan Dewan Penasehat Aspar Paturusi, Prof. Mochtar Pabottingi, Kol. Hasanudin Salsab, Rukmiati A. Jahya dan Dahsamar.

Kepengurusan yang dilengkapi dengan 10 bidang ini, digawangi Sekretaris Umum Ashar Juraeje dan Bendahara Umum Muhammad Akhsan.

Hadir dalam pelantikan ini, selain ratusan warga HMB se Jabodetabek, Ketua Dewan Pembina KKSS Mayjen TNI (pur) A. Rivai, Penasehat KKSS Syamsuddin Bauzat, Bendahara Umum KKSS Sri Asri Wulandari, Wakil Sekjen KKSS Jaya Lupu.

Seniman dan aktor Indonesia Aspar Paturusi membawakan tiga nomor puisinya yang berhasil memukau hadirin. Ia ditemani istrinya Lasmy Aspar membacakan puisi yang lariknya semacam nyanyian buat si bayi — nina bobok — mengundang teplok tangan sebelum acara ditutup dengan hiburan. [Lip]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here