Muchlis Patahna Kawal Pertemuan Paguyuban Papua dengan Wapres

0
229
Wakil Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna (kiri) menjamu sejumlah paguyuban dari Papua, di Jakarta.

PINISI.co.id — Kamis malam, (10/10/19) Wakil Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Muchlis Patahna menjamu sejumlah perwakilan paguyunan dari Papua  di Restoran Pelangi, Jakarta. Rombongan para perantau dari Papua tersebut dipimpin langsung oleh Dr. Mansur M, Ketua BPW KKSS Papua. Mansur didampingi Kahar Yunipele, Ketua Perhimpunan Muslim Papua; Yasrizal, Ketua Ikatan Keluarga Minang; Lipo Wibowo, Ketua Harian Jawa-Madura; serta Tajuddin dan Irwansa dari pengurus KKSS di Papua.

Menurut Muchlis, para perwakilan paguyuban ini ke Jakarta guna memberikan masukan kepada Wakil Presiden M. Jusuf Kalla tentang situasi terkini di Wamena dan kondisi pengungsi di Sentani, Papua. “Pertemuan kami dengan Wakil Presiden dijadwalkan Jumat pagi ini,” kata Muchlis yang juga Ketua Makassar Golf Club Jakarta (MGCJ).

Dalam kunjungan kemanusiaan di Papua, Selasa 8 Oktober 2019 lalu, Muchlis membawa sumbangan MGCJ sebesar Rp 100.000.000 buat para pengungsi (penyintas) di Sentani, Jayapura. “Kami merasa tersentuh dan prihatin atas kejadian di Wamena. Salah satu wujud kepedulian tersebut MGCJ menyertakan donasi yang dihimpun dari para anggota dan simpatisan MGCJ,” kata Muchlis kepada PINISI.co.id.

Menurut Muchlis, KKSS sendiri telah memberikan santunan lebih dari Rp 100 juta kepada warga KKSS yang terdampak kerusuhan Wamena.

Muchlis menambahan, pada Rabu 9 Oktober 2019, sebanyak 600 pengungsi dari warga Sulsel telah dipulangkan ke Makassar dengan kapal laut Sinabung.

Sebelumnya Jusuf Kalla menegaskan agar konflik dan kerusuhan di Papua diselesaikan lewat pendekatan hukum, seraya membuka dialog dengan suku-suku lokal di Papua sehingga semua warga di Papua lebih kuat dan menyatu kembali.

[Saleh/Lip]   



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here