Muchlis Patahna Apresiasi Halal Bi Halal Internasional KKSS Kaltim

0
1656
Flyer acara Halal Bi Halal KKSS Kalimantan Timur.

PINISI.co.id- Ritual halal bi halal merupakan salah satu kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia. Dilaksanakan setelah merayakan Idul Fitri dan tak pernah ditemukan di belahan bumi lain. Melalui halal bi halal ini, muncul ungkapan untuk saling memaafkan.

Gambaran tersebut mewarnai kegiatan halal bi halal BPW KKSS Kalimantan Timur, Minggu, (7/6/20). Diikuti secara virtual oleh 175 orang partisipan, kegiatan dengan tema “Ramadan, Idul Fitri, dan Ukhuwah Makhlukiyah” ini menghadirkan penceramah Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., Imam Besar Masjid Negara Istiqlal, Jakarta.

Bergabung dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur yang juga penasehat BPW KKSS Kaltim H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si; Walikota Bontang Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG.; Anggota DPR RI yang juga penasehat KKSS Kaltim H. Rudi Mas’ud, SE; Wakil Ketua Dewan Pembina BPP KKSS Dr. H. Andi Jamaro Dulung, M.Si; Ketua Umum BPP KKSS H. Muchlis Patahna, SH., M.Kn; Ketua Umum PB Kebugis (Kerukunan Bugis Sidenreng Rappang) Irjen Pol (Purn) Dr. M. Said Saile, M.Si; Perwakilan KKSS New York, Amerika Serikat, Mustari Siara, dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

- Advertisement -

Dari Kalimantan Timur ada Ketua BPW KKSS Kaltim Dr. dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S., dan Sekretaris BPW KKSS Kaltim Dr. H. Bohari Yusuf. Juga Ketua Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kaltim Ir. Hj. Nur Andriyani Mahmud, Ketua IWSS Samarinda dr. Hj. Padilah Mante Runa, M.Si., MARS; para Ketua BPD KKSS dan Organisasi Pilar dan Otonom di lingkungan KKSS Kalimantan Timur.

Dari unsur Penasehat ada Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si. (yang juga Rektor Universitas Mulawarman Samarinda); Prof. Dr. H. Jafar Haruna, M.Si; mantan Ketua KKSS Kaltim H. Alimuddin Latif; Ketua Tim KKSS Tanggap COVID-19 Dr. H. Rusman Ya’qub. Selain itu juga bergabung unsur Wakil Ketua BPW KKSS Kaltim, antara lain, Dr.H.M. Ridwan Tasa, MM., Dr. H. Nawawi Dg. Sibali, Ir. H. Sabir Nawir, H. Muhammad HS, Drs. H.M. Junaid.

Yang menarik, acara tersebut tidak saja diikuti warga KKSS Kalimantan Timur. Melainkan juga pengurus KKSS dari berbagai wilayah di Tanah Air. Antara lain, BPW KKSS Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, Kepulauan Riau, Bali, Yogyakarta, Bekasi, Sumatera Selatan, Jakarta, dan sebagainya. Termasuk juga KKSS New York, Amerika Serikat.

Acara dimoderatori Wakil Ketua BPW KKSS Kaltim Ir. H. Imran Duse didampingi H. Zainal Abidin, ST., dan Abdul Rahman Daeng Sikki. Kendati secara resmi berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.30 Wita, namun seusai penutupan, warga masih melanjutkan untuk saling menyapa dan berhalal bi halal hingga pukul 15.00 Wita.

Dalam sambutannya, Ketua BPW KKSS Kaltim menyampaikan rasa syukur dan bangga atas partisipasi warga dan keluarga besar KKSS dalam acara tersebut. Menurutnya, kendati dalam suasana keprihatinan pandemi Covid-19, namun melalui jaringan virtual warga dapat bersilaturahmi satu sama lainnya.

“Atas nama BPW KKSS Kaltim saya menyampaikan terima kasih kepada Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar yang berkenan menyampaikan hikmah halal bi hahal. Juga kepada Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si, kepada Ketua Umum BPP KKSS H. Muchlis Patahna, serta kepada seluruh partisipan yang mencapai 175 orang,” kata Dr. dr. H. Andi Sofyan Hasdam, yang juga mantan Walikota Bontang selama 2 periode tersebut.

Dalam kesempatan berikutnya, Ketua Umum BPP KKSS H. Muchlis Patahna, SH., M.Kn., menyampaikan apresiasi yang dalam atas antusiasme warga dalam mengikuti acara ini.

“Ini luar biasa. Mungkin bisa kita sebut halal bi halal internasional. Karena diikuti pengurus KKSS dari sejumlah daerah di lima pulau besar di Indonesia. Termasuk juga dari Amerika Serikat,” ujar Muchlis Patahna, yang terpilih sebagai  Ketua Umum BPP KKSS dalam Musyawarah Besar KKSS yang diselenggarakan di Solo, November 2019 lalu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si., menyatakan bahwa para tokoh dan warga KKSS Kaltim selama ini menjadi bagian penting dari pembangunan dan kemajuan Kalimantan Timur di berbagai sektor kehidupan, baik politik, pendidikan, perekonomian maupun jasa.

“Saya bangga bisa diterima menjadi bagian dari keluarga besar KKSS. Semoga kita semua dapat merawat organisasi ini dengan baik sehingga dapat terus berkontribusi bagi pembangunan daerah Kalimantan Timur,” imbuh Hadi Mulyadi, suami dari Hj. Erni Makmur, perempuan Bulukumba yang telah memberinya 5 orang putra-putri.

Secara terpisah, aktivis muda KKSS Kaltim, Ir. H. Gulman menuturkan keterharuannya atas penyelenggaraan tersebut. Menurutnya, momen silaturahmi seperti ini akan menularkan energi positif dan karenanya perlu senantiasa dikembangkan.

“Sungguh saya terharu melihat para tokoh dan senior KKSS Kaltim saling menyapa dalam satu forum virtual. Ini tentu akan menyemangati kita semua dan menjadi pembelajaran penting bagi generasi muda KKSS,” ungkap Gulman, yang juga Ketua Gapensi Samarinda, menutup perbincangan dengan PINISI.co.id. [Lip, Imran Duse]


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here