Mengawal Netralitas dan Kesuksesan Mubes XI KKSS

0
238
Ketua Umum KKSS Sattar Taba (duduk tengah) bersama panitia SC usai rapat di Hotel Cempaka Putih, Jakarta.

PINISI.co. id– Penyelenggaraan Mubes XI KKSS di Solo, Jawa Tengah, tersisa sepuluh hari lagi sehingga berbagai pihak berharap agar pemilihan Ketua Umum KKSS periode 2019-2024 berlangsung sukses dan menjaga netralitas.

Ketua Panitia Pelaksana Mubes XI KKSS Musdalifah Pangka sendiri menjamin kesuksesan dan netralitas acara mengingat persiapan panitia sudah dilakukan tiga bulan sebelumnya.

Sementara itu pada rapat panitia pengarah, Minggu (3/11/19) di Hotel Cempaka Putih, Jakarta, sudah merampungkan seluruh materi Mubes XI KKSS yang akan dibahas pada puncak acara 15-17 November 2019, di Hotel Lorn In Solo.

Terkait itu, Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Sulawesi Tenggara Nurdin Tompo mengharapkan agar Mubes XI menghasilkan nakhoda yang rela berkorban dan tidak menyeret KKSS ke politik partisan. “Jangan menggunakan KKSS dalam berpolitik. Ini agar KKSS rukun damai dan tidak terpecah. Makanya kepanitiaan juga harus netral,” kata Nurdin kepada PINISI.co.id.

Jauh hari sebelumnya Ketua BPW KKSS Gorontalo sudah mengingatkan bahwa unsur di kepanitaan jangan sampai menjadi wasit sekaligus juga peserta Mubes. “Kita ingin menghasilkan Mubes yang penuh dengan semangat kekeluargaan dan terhindar dari cara-cara yang tidak elegan, ” katanya.

Senada  dengan itu, Ketua BPW KKSS Jawa Barat Sri Asri Wulandari sepakat bahwa Ketua Umum dan Ketua Panitia harus netral sebagai penyelenggara Mubes XI KKSS. “Mari kita menjaga netralitas karena hal ini merupakan  cerminan nilai integritas yang harus dimiliki oleh pemimpin dalam membangun organisasi,” ujar Sri.

Dalam pandangan Ketua BPW KKSS Yogyakarta, Husain Kasim, sikap netralitas ketua umum ataupun panitia penyelenggara dalam persiapan hingga pelaksanaan Mubes tetap terpelihara, sebab diperlukan menjaga suasana sejuk. “Soal pilihan tentu masing-masing punya kecenderungan berada di kandidat mana. Biarlah tim sukses yang bekerja meyakinkan pemilih,” tuturnya.

Karena itu, Husain memuji ketua panitia lokal yang benar-benar menjaga sikap dalam menghadapi konstetasi menjelang Mubes.”Kita berharap kualitas KKSS semakin baik melalui kerja nyata yang dirasakan hingga ke BPW dan BPD serta masyarakat luar KKSS pada umumnya.

“Selain sebagai lahan untuk mengabdi dan berkarya, KKSS juga mempromosikan warga terbaiknya untuk layak menjadi pemimpin sesuai kompetensinya,” tambah Husain.

Adapun Ketua BPW KKSS DKI Jaya, Syamsul Zakaria menyambangi kediaman Ketua Umum KKSS Sattar Taba, Sabtu (2/11/19) untuk menjamin netralitas dalam proses pemilihan orang nomor satu KKSS di Mubes XI. “Guna menghasilkan Ketua Umum KKSS, saya minta kepada siapapun yang memiliki kewenangan sebagai penyelenggara harus berdiri pada semua calon, baik Ketua SC maupun OC untuk menghindari interes-ienetres yang berpotensi memecah persatuan,” tandas Syamsul yang dikenal sebagi pengacara ini.

Dalam kesempatan itu pula, Syamsul menegaskan KKSS DKI telah menyelesaikan sendiri permasalahan menyangkut kepengusan BPD guna menepis konflik kepentingan menjelang Mubes. [Lip]      

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here