Lukisan Tombolotutu Karya Udhin FM, Hadiah bagi Anugerah Pahlawan Nasional

0
1281
- Advertisement -

PINISI.co.id- Selang beberapa waktu setelah ditasbihkan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah, perupa Palu Fathuddin Mujahid yang akrab disapa Udhin FM, melukis Tombolotutu lengkap dengan busana kebesarannya. Lukisan potret Tombolotutu diselesaikan Senin malam jelang pergantian hari (8/11/21) di rumahnya yang sekaligus dijadikan studio.

Bagi seniman serba bisa ini, melukis seorang tokoh pejuang memerlukan pendalaman imajinasi sehingga bisa merasakan roh dari sosok yang dilukis. “Alhamdulillah lukisan Tombolotutu rampung sehari sebelum Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tiga tokoh bangsa pada 10 November 2021. Yang jelas di antara empat tokoh tersebut, nama Tombolotutu menjadi yang paling istimewa di mata warga Sulawesi Tengah.

Sosok Tombolotutu merupakan orang yang terpandang. Ia adalah salah satu raja di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sebagai raja, Tombolotutu turut menjadi garda terdepan dalam garis perlawanan menghadapi penjajah Belanda kala itu.

Dikutip dari situs Pemkab Parigi Moutong, untuk menghadapi perlawanan Tombolotutu, Belanda sampai harus mengerahkan Marsose. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here