KKSS Kalbar Segera Miliki Rumah Adat Balla Lompoa

0
125
Balla Lompoa di Sungguminasa.

PINISI.co.id- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mendukung sepenuhnya pembangunan rumah adat Bugis di Kalbar.

Dukungan itu disampaikan langsung keduanya saat halal bihalal Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kalbar yang digelar lewat virtual Zoom, Minggu (21/6/20).

“Saya masih menunggu mereka (KKSS) realisasikan. Ketika Pak gubernur datang ke pendopo waktu itu, saya sudah menjanjikan. Saya bilang bangun itu tetapi sampai hari ini belum terealisasi rumah adat Sulawesi Selatan,” kata Sutarmidji.

Karena itu Sutarmidji meminta KKSS mencari lahan yang strategis dan luas agar dapat digunakan untuk berbagai kegiatan budaya.

“Cari tempat yang strategis, cari tanah yang luas-luas jangan cuma 300 atau 400 meter tapi 1 atau 2 hektare. Supaya kegiatan-kegiatn budaya bisa disitu. Kita sudah merancang satu daerah yang menjadi tempat strategis,” ujarnya.

Sutarmidji juga apresiasi peran masyarakat KKSS di Kalbar di berbagai sektor baik ekonomi, sosial budaya maupun kamtibmas.

“Masyarakat Bugis sudah membaur dengan etnis apapun di Kalbar. Peran di bidang ekonomi sangat besar, bidang sosial juga sangat besar,” kata Sutarmidji.

Disebutkan, di Kalbar ada beberapa kabupaten yang didominasi masyarakat Bugis seperti di Mempawah dan Kubu Raya.

Sutarmidji berharap seluruh masyarakat KKSS dapat memberikan sumbangsihnya untuk percepatan bagi pembangunan Kalbar. “Kita harus berjuang untuk tingkatkan IPM yang dimulai dari desa,” tuturnya.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah apresiasi masyarakat KKSS yang dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah di Kalbar. “Terus jaga keutuhan dan toleransi karena kita semua bersaudara,” ucapnya.

Nurdin juga berharap masyarakat KKSS di Kalbar terus membantu dan mendukung pemerintahan untuk mempercepat pembangunan di Kalbar.

Sementara itu Ketua BPW KKSS Kalbar H. Burhan menyatakan di bawah kepemimpinan Gubernur Sutarmidji akan terbangun balla lompoa. “Begitu juga Gubernur Sulsel yang sangat mendukung pembangunan rumah adat. Semoga ini dapat segera terwujud,” harapnya.

Burhan mengimbau kepada para saudagar Bugis Makassar dan seluruh elemen masyarakat Sulawesi Selatan untuk membantu dan mendukung pembangunan balla lompoa baik moril maupun materil.

Hadir juga halal bihalal Ketua BPP KKSS Muchlis Patahna. Halal bihalal juga diisi tausyah oleh Ustad Maulana dan baca Alquran Ustad Syam. [Kubu Raya, Berkatnews TV ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here