KKSS Jabar, Papua Barat, Malut, Menyusul KKTL Galang Donasi Buat Masamba

0
833
KKSS Papua Barat siap beraksi untuk menggaknag dana sosial buat korban bencana banjir di Masamba, Luwu Utara.
- Advertisement -

PINISI.co.id- Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Jawa Barat, Papua Barat, dan Maluku Utara, menyusul Kerukunan Keluarga Tana Luwu (KKTL) menggalang dana sosial bencana terhadap korban banjir bandang yang melanda Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/20).  

KKSS Papua, di bawah ketuanya Dr. Mansur pada Kamis malam (16/7/20) mengadakan rapat koordinasi via aplikasi Zoom dengan sejumlah Badan Pengurus Daerah KKSS, dan pilar se Provinsi Papua untuk penggalangan dana serupa.

Adapun tim sukarelawan dari KKSS Maluku Utara sudah menerjunkan sukarelawannya di lokasi bencana di Masamba sejak Rabu 15 Juli.

Menurut Sekretaris KKTL H. Jaya Lupu, hingga Jumat pagi (17/7/20), donasi yang berhasil dihimpun sebesar Rp 63. 400.000., dari warga KKTL, termasuk dari Gemiliar KKSS, serta warga KKSS lainnya.

“Insya Allah, Sabtu besok 18 Juli, KKTL akan mengirim donasi ke Kodim Palopo untuk selanjutnya didistribusikan oleh anggota TNI,” kata Lupu kepada PINISI.co.id.

- Advertisement -

Lupu juga mengutus dua pengurus KKTL untuk memantau penyaluran donasi di Luwu Utara.

Hingga Kamis, (15/07/2020) korban banjir bandang yang meninggal sebanyak 32 jiwa. Seluruh korban dibawa ke Rumah Sakit Hikmah Masamba. Adapun dalam pencarian sebanyak 60 orang.

Mantan Ketua KKSS Yogyakarta Husain Kasim mengakui, satu keluarga sepupunya sangat terpukul tersebab 11 anggota keluarga mereka hanyut diseret banjir. “Empat orang ditemukan hidup, 4 meninggal, 3 hilang. Mereka sekarang menempati rumah kosong di kampung Baliase, sekitar 5 km dari Masamba. Rumah mereka semua rata tertutup lumpur,” desis Husain prihatin.

Akan halnya Ketua KKSS Jawa Barat Sri Asri Wulandari langsung mengajak BPD KKSS se Jawa Barat untuk mengolek dana sosial buat Masamba. “Kami prihatin dan karena itu kita berempati terhadap musibah di Luwu Utara,” ucap Wulandari dengan nada sedih.

Terkait penggalangan dana, BPD KKSS Kabupaten Bekasi, Purwakarta dan Depok sejak Selasa 15 Juli mengedarkan daftar isian sumbangan. “Berapapun sumbangan warga KKSS Depok untuk Masamba, kami mengucapkan terima kasih,” kata Ketua KKSS Depok Dr. Ridwan, MT.

Ketua KKSS Kabupaten Bekasi Budi Harta Winata mengumpulkan dana Rp 59.600.000., buat Masamba, sementara KKSS Kabupaten Bogor mengirim 600 APD berupa masker ke pengungsian. “Jangan lupa kita masih di tengah pandemi,” kata Sekretaris KKSS Kabupaten Bogor Baho Jene yang tengah menghimpun dana buat korban banjir lumpur di Luwu Utara.

[Lip]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here