ITB Anugerahi JK Honoris Causa; MP: Inovasi JK Selalu Dibutuhkan Bangsa

0
146
Ketua Dewan Kehormatan KKSS M. Jusuf Kalla bersama istri didampingi Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna saat JK menerima HC dari ITB, Senin 13/1/20.

PINISI.co.id- Institut Teknologi Bandung (ITB) gelar Sidang Terbuka Penganugerahan Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (HC) kepada M Jusuf Kalla, Senin (13/1/20) di kampus ITB. Wakil Presiden dua periode itu dianugerahi HC atas inovasi yang telah dilakukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, institusi sektor publik, dan pemerintahan.

Ketua Tim Promotor, Prof. Dr. Ir. Abdul Hakim Halim, M.Sc, menyampaikan, ITB memiliki kebijakan pemberian gelar Doktor Kehormatan dengan tujuan mendorong masyarakat dan bangsa berprestasi dalam memberikan sumbangan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Gelar Doktor Kehormatan ini diberikan kepada seseorang yang memiliki karya nyata. Karya itu harus mengandung nilai inovatif, pemikiran atau penelitian dan pengembangan konsep-konsep yang orisinal. Berdasarkan karya-karya inovatif, rekam jejak, dan kearifan serta ketentuan penerima gelar Doktor Kehormatan, Tim Promotor berkesimpulan, bahwa M Jusuf Kalla sangat layak untuk mendapat gelar Doktor Kehormatan dari ITB dalam bidang produktivitas,” jelasnya dalam laporan pertanggungjawaban Tim Promotor ITB.

Pada kesempatan tersebut, Kalla menyampaikan orasi ilmiah bertema ‘Mendorong Produktivitas, Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa’. Kalla ingin generasi bangsa selalu berinovasi dalam membantu pembangunan bangsa.

“Saya ingin berpesan kepada sivitas akademika ITB agar jangan pernah berhenti melakukan dan menebar inovasi. Anda semua adalah generasi terbaik bangsa. Anda adalah lokomotif kemajuan di mana bangsa ini berharap peran besar ITB sebagai inisiator dan motor peningkatan produktivitas,” pesan Kalla sebagaimana dikutip Kumparan.com.

Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Muchlis Patahna (MP) yang mendampingi Kalla ke ITB, mengatakan, Kalla telah belasan kali menerima doktor kehormatan dari perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. “Ini menandakan bahwa buah pemikiran dan karya inovasi Pak Jusuf Kalla selalu dibutuhkan bagi kemajuan bangsa,” katanya kepada PINISI.co.

Menurut Muchlis, kontribusi Kalla bermakna bagi warga masyarakat, bangsa dan kemanusiaan, pendidikan serta ilmu pengetahuan.

Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, mengatakan, ITB berkesempatan memberikan gelar kehormatan kepada putra terbaik bangsa yang telah mendedikasikan kehidupannya bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. [Lip]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here