In Memoriam: Kenangan Bersama Bung Gafur, Menterinya Para Pemuda

0
336

Innalillahi wainna ilaihi rojiun … insyaa Allah abangda Abdul Gafur berpulang dalam husnul khatimah.

Kamis kemarin 2 September 2020 dari grup PARFI saya membaca bahwa abangda Marsdya Purn Abdul Gafur Ketua Dewan Pembina Angkatan 66 sedang dIrawat di rumah sakit Angkatan Darat Gatot Subroto (RSPAD) Jakarta Pusat, dimohon doa kesembuhan beliau.

Saat itu juga saya meneruskan berita sakit itu ke beberapa teman yang pernah berinteraksi dengan beliau dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di era pemerintahan Orde Baru.

Saya kemudian terdiam dengan kesedihan mengingat semua kenangan di masa muda di tahun 1980 an.

Saya tidak menyangka akan membaca berita duka cita secepat itu. Kita berharap akan menemui abang Gafur setelah sembuh.

Lebih menyedihkan lagi menyaksikan pemakaman abang secara presedur pasien terpapar Covid 19 melalui video yang direkam oleh sahabat Sultan Saladin.

Tak nampak para sahabat aktivis pergerakan serta tokoh-tokoh masyakarat se angkatannya yang malayat mengantarkan ke peristirahatan terakhirnya.

Sehari harinya Abang ini ramai dengan tokoh tokoh Pemuda/ Mahasiswa, keluarga besar Golkar dan keluarga purnawirawan Angkatan Udara khususnya.

Kenangan Tersendiri

SAYA punya kenangan semasa beliau menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga yang memberi sambutan pengarahan pada deklarasi Generasi Muda Perfilman Indonesia (GMPI) di Pusat Perfilman Rasuna Said Kuningan Jakarta.
GMPI diketuai oleh aktor film Roy Marten dan saya Sekjennya.

GMPI adalah sebuah gerakan moral dari generasi muda perfilman untuk memperjuangkan agar Film Nasional menjadi tuan di negeri sendiri bukan film asing yang mendominasi biiskop di dalam negeri.

Kesempatan lain beliau mengutus mewakilkan untuk sambutan pada Musyawarah Besar Badan Kordinasi Sosial Budaya Pemuda Indonesia Timur (BAKORSUDA) Intim di Gedung Juang 45 Menteng.

Gerakan pemuda ini memperjuangkan pemerataan dan kesetaraan pembangunan Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur. Di mubes ini saya dipilih jadi Ketua Umum Presidium dari 11 tokoh pemuda dari Indonesia Timur.

Kemudian Bang Gafur menjadi Pemimpin Sidang Pleno untuk pemilihan Ketua Umum DPP GOLKAR pada Musyarah Nasional di Bali.

Di Munas itu, terpilih dengan suara mutlak Muhamad Jusuf Kalla (JK) sebagai Ketua Umum DPP Golkar yang dirangkapnya sebagi Wakil Presiden RI.

Selamat jalan Bang Gafur…
Doa kami menyertaimu, aamiin.

Fiam Mustamin
4 September 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here