Halal Bihalal Diaspora Indonesia di Connecticut Amerika Serikat

0
471
- Advertisement -

PINISI.co.id- Connecticut, Amerika Serikat 23 April 2023. Masyarakat Indonesia yang tergabung dalam “Indonesian Association of Connecticut” kembali berkumpul pada acara tahunan, Halal Bihalal, dua hari setelah sebagian dari mereka yang beragama Islam merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah. Acara dimulai dengan pengantar dari Mr. Bill, suami Ibu Nurlaila Amir Bill, dilanjutkan dengan memperkenalkan “Pembaca Doa” oleh M. Saleh Mude.

“Halo everybody, sebelum kita menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang telah disediakan oleh ibu-ibu atau emba-emba, dilanjutkan dengan ramah tamah, mari kita berdoa bersama untuk keselamatan kita bersama dalam suasana Halal Bihalal sore ini. Doa akan dipimpin oleh Imam Dr. Muthahhir Arief. Kami undang Pak Imam ke depan,” kata Saleh.

Setelah pembacaan doa, Saleh memberikan kesempatan Ibu Nurlaila untuk menyampaikan sambutan hangat di hadapan seratusan Diaspora/Perantau Indonesia yang sebagian besar sudah puluhan tahun di Amerika. Kak Laila, sapaan akrabnya, sendiri mengaku sudah lebih 30 tahun. Acara seperti ini diformat dengan sederhana, tidak banyak orang berpidato, sangat simple, dan langsung menikmati makanan atau minuman rasa Indonesia ala “Pot Luck,” budaya Amerika, dimana hampir tiap orang, terutama ibu-ibu membawa/menyumbang makanan dan minuman yang memudahkan Panitia atau Penggerak Acara.

Kelihatan masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang telah menikah dengan suami/istri non-Indonesia, misalnya pria Amerika, Rusia, Turki, dll., menyatu, saling kenal, bersalaman satu sama lain, guyub, penuh kekeluargaan, dan tentu diselingi berfoto ria bersama. Acara Halal Bihalal ini diadakan tiap tahun, digagas oleh sejumlah penggerak Diaspora Indonesia di State Connecticut, seperti Ibu Nurlaila, Debby Zakka Pongoh, Tjatur Subagio, Yuningtyas Sigit, dkk. Masyarakat Indonesia beruntung karena suami Ibu Nurlaila, Mr. Bill bekerja di kantor Veteran “Robert Dornfried VFW Post 10732 Veterans Foreign Wars,” tempat acara Halal Bihalal. Diaspora Indonesia dari berbagai profesi, pengajar, karyawan, mahasiswa, ibu rumah tangga, dll, yang tinggal di State Connecticut, sekitar 500 orang, menurut data dari Pejabat Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, telah dan dapat menggunakan Gedung Veteran tersebut dua kali setiap tahun untuk kegiatan, Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 dan Halal Bihalal, kata Hanny Pongoh, salah satu penggerak Diaspora Indonesia di Connecticut. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here