Bachtiar Adnan Kusuma, Prof. Hanna, Sepakat Kembalikan Kejayaan GPMB di Sulawesi Selatan

0
305
- Advertisement -
Prof H. Hanna (kanan) bersama pegiat literasi Bachtiar Adnan Kusuma.

PINISI.co.id- Koordinator Wilayah Sulawesi Selatan dan Sulbar Pengurus Pusat Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB) Prof.Dr. H.Hanna, M.Pd. kembali bertemu dan berdiskusi dengan Tokoh Literasi yang juga Pengurus Pusat GPMB Bachtiar Adnan Kusuma, Minggu malam 21 Januari 2024 di Claro Hotel, Makassar.

Bachtiar adalah Deklarator GPMB Sulawesi Selatan bersama Muhammad Syarif Bando(mantan Kepala Perpustakaan Nasional) pada 2025 di Sulawesi Selatan, sepakat mengembalikan kejayaan GPMB pada masa 2007-2013 di mana masa-masa gemilang GPMB Sulsel menggerakkan ekosistem membaca dan menulis di berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Bachtiar tercatat sebagai Ketua GPMB Provinsi Sulawesi Selatan pada periode 2007-20013 menggantikan Muhammad Syarif Bando. Ia berhasil membentuk Pengurus Daerah GPMB di berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan.

“Masa-masa keemasan GPMB di Sulawesi Selatan, kami sepakat bersama Prof. Hanna mengulang kembali dengan menjadikan GPMB Kabupaten Maros lokomotif penguatan pembudayaan minat baca berbasis keluarga. “Kami mendukung program Bapak Bupati dan Ibu Wabup Maros Chaidir Syam dan Suhartina Bohari mendorong terwujudnya masyarakat yang gemar membaca dari setiap keluarga pada tingkatan desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten dengan menjadikan Gerakan Membaca Keluarga menjadi gerakan Memassal,” kata Bachtiar.

Menurut Tokoh Literasi Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI ini, penguatan ekosistem pembudayaan minat baca starnya harus dimulai dari setiap keluarga. Dan setiap keluarga produktif, kata BAK diharapkan memeroleh asupan awal pentingnya pembudayaan minat baca yang diberikan kepada para pasangan usia subur yang baru saja menikah atau pra menikah agar menempatkan pentingnya gizi pembaca bagi setiap keluarga di Sulawesi Selatan. Caranya, kita mulai dari Kabupaten Maros dengan mendorong setiap pasangan usia produktif lewat edukasi, kampanye dan contoh-contoh penting menempatkan budaya baca setiap keluarga.

- Advertisement -

“ Kami punya obsesi mengembalikan kejayaan membaca Sulawesi Selatan terutama di Kabupaten Maros agar GPMB bangkit kembali seperti pada masa 2007-2013 di mana saat saya memimpin Ormas non profit menjadi pusat pengembangan pembudayaan membaca di Indonesia Timur,” tegas BAK.

Sementara Korwil Sulawesi Selatan dan Sulbar GPMB Pusat, Prof. Dr. H.Hanna, M.Pd. sepakat dengan Bachtiar Adnan Kusuma, pentingnya mempercepat akselerasi gerakan GPMB dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota di Sulawesi Selatan. Caranya, harap Prof.Hanna dengan membuka kerjasama seluas-luasnya kepada Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi. “ Saya berharap dengan aktifnya kembali saudara BAK lewat GPMB bisa membantu Pengurus Pusat GPMB mewujudkan konsolidasi dan koordinasi GPMB yang massif dan terukur,”  harap Prof. Dr. Hanna. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here