Bachtiar Adnan Kusuma, Ajak 400 Siswa SMA Hang Tuah Baca Buku 25 Menit

0
447
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) menggugat 400 siswa siswi dan guru SMA Hang Tuah Makassar, membaca buku minimal 25 menit setiap hari di perpustakaan sekolah. Ajakan dan seruan disampaikan BAK saat didaulat menginspirasi para siswa dan guru menggerakkan ekosistem literasi pada satuan pendidikan, Rabu 8 November 2023 di Aula SMA Hang Tuah.

Menurut BAK, ia baru saja tiba mengunjungi 5 Kabupaten di Sulsel untuk menggerakkan Literasi, yaitu Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

“Rupanya bicara Literasi jadi Energi Berkelimpahan bagi saya untuk tetap semangat memberi inspirasi kepada Guru dan Siswa Siswi SMA Hang Tuah,” kata penulis ratusan buku dan pembicara ini.

Karena itu, BAK menilai kalau SMA Hang Tuah contoh dan teladan satuan pendidikan yang melek Literasi. Literasi jalan tengah untuk menjadikan satuan pendidikan berkualitas. “Kendati SMA swasta tertua di kota Makassar, jujur saya salut dan angkat topi kepada kepsek, guru-guru dan pustakawan yang menempatkan Literasi sekolah jadi ujung tombak kemajuan sekolahnya,” papar BAK.

BAK menguraikan pentingnya membaca buku setiap hari minimal 25 menit. Selain katanya, membaca buku satu menit akan menguasai 300 kata, artinya siswa dan guru yang rutin membaca buku 25 menit setiap hari selama setahun akan menguasai 2.552.000 kata.

- Advertisement -

“ Berarti setiap siswa dan guru selama setahun telah membaca buku baru minimal 25 judul buku,” urai BAK. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here