Tokoh Literasi Bedah Guru Inspirasi di PGRI Pinrang

0
235

PINISI.co.id- Tokoh Literasi Penerima Penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional dan Sekjend Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Bachtiar Adnan Kusuma, menjadi pembicara utama di Bedah Buku Dr H Basri S.Pd M.Pd. “Meretas Jalan Menjadi Guru Inspirasi”. Bedah Buku yang digelar PGRI Kabupaten Pinrang menyambut Hari Guru Nasional 2021 dihadiri ratusan guru, kepala sekolah dan ketua PGRI Kab Pinrang di Kecamatan Mattirosompe, Sabtu (13/11/2021).

Bachtiar menegaskankunci peningkatan kompetensi guru haruslah dimulai dari budaya membaca dan menulis. Sebab membaca dan menulis harus menjadi kebutuhan pokok setiap pendidik dan pengajar. Karena itu, menempatkan membaca dan menulis sebagai kebutuhan pokok, gaya hidup, maka kompetensi guru lebih bermutu dan mampu menyesuaikan diri dalam menyusun kerangka pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.

Selain itu tokoh penggagas perpustakaan lorong dan penerima Parmusi Award ini, menggugat guru- guru agar memiliki tiga pilar kekuatan dalam mengemban tugas- tugasnya sebagai pengajar dan pendidik.Pertama, guru harus punya dream yaitu mimpi-mimpi besar menjadi pendidik atau pengajar yang mengantarkan anak didiknya anak- anak yang cerdas, super, hebat dan agamis. Kedua, mempunyai action, mimpi-mimpi besar menjadi guru unggulan akan bisa terwujud jika mimpi-mimpi tersebut diwujudkan dalam sebuah kerja keras. Ketiga, Pray yaitu guru unggulan adalah guru yang memiliki mimpi-mimpi besar, bertipe pekerja keras dan selalu bersandar pada kekuasaan Allah SWT.

- Advertisement -

“Saya berharap para guru-guru jadi figur utama yang melek literasi dan numerasi dengan menjadikan membaca dan menulis gaya hidup kosmopilit,” tegas Bahtiar yang memukau dan memeroleh simpati dari para peserta.

Sementara itu, Basri selain menyampaikan alasan-alasan menulis buku Guru Inspirasi, ia juga bernostalgia di depan para peserta sebagai guru yang besar dan lahir dari Pinrang. Awal acara, Basri juga membagikan buku karyanya kepada seluruh peserta yang hadir. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here