Sholat Idul Fitri di Ruang Terbuka Halaman Sekolah

0
535
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

DUA hal kenangan yang telah membatin muncul saat malam takbiran dan sholat Idul Fitri.

Pertama, saat usai buka puasa terakhir dan shalat Magrib, takbir dikumandangkan semalaman hingga shalat Subuh.

Takbir kita dengar dari setiap mushallah dan madjid, bahkan takbir disertai tabuhan beduk berkeliling perkampungan sebelum masa pandemi Covid 19. Kedua, saat melakukan shalat Ied di lapangan terbuka.

Pengalaman kecil di kampung, mendengar dari dari orang tua mengatakan bahwa saat khotbah Ied disampaikan, perhatikan makhluk tumbuhan disekitar pada terdiam tidak bergerak, tertunduk sampai akhir khutbah.

- Advertisement -

Hal ini menjadi perhatian saya, makhluk hidup itu pada khusuk mendengarkan khutbah dari khatib ;

Allahu Akbar … Allahu Akbar … Allahu Akbar …La ilaha illallah Allahu Akbar …

Dua Tahun Pengendalian Diri

DUA tahun ujian pengendalian diri untuk mencegah virus maut Covid 19 yang misterius itu. Semua itu antisipasinya perlu ada pembatasan kerumunan dan interaksi satu sama lain termasuk dengan jemaah beribadah.

Tahun ini, menjelang bulan suci ramadhan 1443 H kita mendapatkan kelonggaran pembatasan yang memungkinkan kita dapat menjalankan ibadah secara normal kembali, dapat memenuhi masjid dan lapangan untuk ibadah shalat sampai bepergian mudik Lebaran dan tanpa aturan vaksinasi yang memberatkan.

Mudik telah menjadi tradisi warga perkotaan yang memiliki ikatan emosional dengan daerah/kampung kelahirannya atau orang tua leluhurnya.

Silaturrahmi mudik adalah tradisi kultural dengan kerabat termasuk untuk syiarah kubur yang tidak dapat tergantikan dengan komunikasi media digital.

Semua itu perlu disyukuri dengan kewaspadaan dan pengendalian diri, tidak berperilaku berlebihan dan tetap selektif menjalani mehidupan yang normal, tidak sebebas-bebasnya seperti orang yang baru bebas keluar dari hukuman penjara.

Selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Maaf Lahir dan Batin, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Semoga Allah SWT menjadikan kita orang yang kembali pada fitrah menuju kemenangan dengan meraih surga. Serta mempertemukan kita pada ramadhan berikutnya, aamiin …

Legolego Ciliwung 2 Mei 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here