Seru dan Kocak, Rayakan HUT RI Ke 78, PPSP DAJ Gelar Berbagai Perlombaan

0
3792
- Advertisement -

PINISI.co.id- Berbagai perayaan dan syukuran digelar rakyat Indonesia untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 78, dari Istana Negara hingga ke pelosok desa.

Bagi alumni PPSP IKIP Ujungpandang DAJ (DKI All Java) perayaan kemerdekaan digelar dengan berbagai lomba dan permainan sejak pagi hingga sore. Rangkaian ini dibarengi dengan pertemuan arisan dan silaturahim bulanan.

Bertempat di kediaman Rusman dan Puspa di Kebun Sawangan Depok Jawa Barat, Minggu (20/8/2023) sekitar 40-an peserta dengan busana bernuansa merah putih dari semua angkatan (75 hingga 88), mengikuti lomba tanpa kecuali termasuk Ketua PPSP DAJ Ichsan Gafar. Demikian pula Emma dan Vivi menyertakan anak-mantu dan cucunya datang khusus dari Bandung mengikuti gelaran ini.

Aksi makan kerupuk.

Pelbagai lomba dan jenis permainan yang lazimnya buat anak-anak, kini diikuti oleh usia lebih dari separuh baya bahkan sebagian telah lanjut usia sehingga perlombaan tampak seru, penuh canda tawa hingga mengocok perut sampai tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan tingkah polah orangtua dan kakek nenek memperagakan permainan.

Sebagai makhluk bermain (Homo Ludens), kegiatan bermain adalah bagaimana setiap peserta dapat merasakan kesenangan, suka cita dan kegembiraan di tengah perlombaan.

Lomba memakai sarung.
- Advertisement -

Adapun jenis lomba yang dipertandingkan adalah makan kerupuk, berebut kursi, joget balon, baris berbaris, dan menghitung angka. Lomba dan peraga permainan dipandu oleh Puspa dan Ulfah. Perlombaan dihelat sejak pukul 11.00 hingga pukul 16.00 dan rehat untuk sholat dan makan siang.

Setiap pemenang dan yang kalah sekalipun mendapatkan hadiah.

Berbagai kudapan tradisional seperti sarabba, bassang, apangparanggi dan singkong goreng plus sambal serta berbagai olahan ikan dihidangkan tuan rumah dengan cita rasa otentik. Lebih dari itu, disiapkan pula bingkisan aneka rupa cemilan untuk bekal di rumah buat semua alumni.

Siap-siap sebelum ikut permainan.

Menurut Ichsan, sejumlah warga baru DAJ yang hadir untuk kali pertama di acara DAJ antara lain Nasir Amin, Rusli Molla, Syahrul dan Usman Randa.

Dalam kesempatan itu, Ichsan juga menyampaikan rencana pertemuan silaturahim antara DAJ dengan Ketua Umum IKB PPSP IKIP Ujungpandang Harris Arthur Hedar dalam waktu tidak terlalu lama di Jakarta.

Nilai-nilai silaturahmi, seperti yang dikatakan Jayd Samad, penting buat anggota DAJ untuk merawat persaudaraan selain untuk saling berbagi. Dan ia membuktikan menyawer dan memberi uang jajan kepada adik-adiknya. Laksana bocah ingusan, anak-anak ini saling berebut sambil terkekeh-kekeh menjumput lembaran uang berwarna biru itu di udara. (Lif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here