Semilir Angin dari Kota Kalong untuk Indonesia

0
300
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tanah Lompulle telah melahirkan sosok tokoh nasional yang berkiprah di ibu Kota. Desa Lompulle merupakan desa yang terletak di Kabupaten Soppeng dimana AJD dilahirkan pada Tanggal 4 Desember 1960. Di tahun 2023 AJD sudah berusia 63 tahun.  AJD adalah suami dari Dra Hj Andi Nurhiyari, M. Si (Ketua Umum IWSS) yang dikaruniai 4 orang anak. Di umurnya yang melebihi setengah abad, tentu banyak pengalaman dan penghargaan yang ditorehkan untuk bangsa dan tanah air, sehingga bisa diteladani oleh generasi pelanjut. Ia pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PPP, dan sedang menjadi tokoh nasional. 

Di masa mudanya, AJD pernah menghiasi altar gerakan mahasiswa. Ia sebagai aktivis pergerakan yang kemudian diamanahkan menjadi Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Ujung Pandang di masanya (1983-1985). Setelah menyeleseikan studi di IKIP Ujung Pandang, ia meniti karier sebagai dosen (1987-2004). Pengalaman organisasi yang ia miliki, membuatnya mudah melangkah ke kancah nasional.  

Beberapa organisasi nasional yang ia geluti, antara lain Ketua PP gerakan pemuda anshor 1995-1999, Ketua PB Nahdatul Ulama 1999-2010, Ketua majelis pakar DPP PPP 2007-sekarang, Wakil ketua umum KKSS 2004-2009, Wakil ketua umum majelis silaturahmi kyai dan pengasuh pondok pesantren se-indonesia (MKSP3i) 2009-2014, Wakil ketua umum majelis syariah DPP PPP 2011-sekarang Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan orah Raga Domino Indonesia (PB PORDI). 

Selain pengalaman orarganisasi, AJD juga memiliki banyak pengalaman kerja, seperti Konsultan Pendidikan Luar Sekolah 1986-1987, Dosen Universitas Negeri Makasar 1987-2004, Staf Ahli Rektor Universitas Trisakti Jakarta 2002-2007, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam NU 2000-2007, Komisaris Utama PT Mitra Muda Mandiri 2000-sekarang, Komisaris Utama PT Brata Travel & Tour 2003-sekarang, Anggota DPR RI periode 2004-2009 dan Direktur Utama Tabalong Pratama Mineral.

Hari ini, namanya santer diperbincangan di kancah Nasional.  Sosok yang biasa dipanggill Pung Jamaro ini merupakan  keturunan bangsawan dari tanah Soppeng yang tak lupa kampung halaman, ia sangat menjunjung tinggi adat istiadat.  Spirit yassisoppengi senantiasa terpatri dalam setiap langkahnya.  Sukses di Jakarta, ia tak serta merta melupakan tanah Soppeng,  AJD menggagas terbentuknya Dewan Pengurus Nasional Kerukunan Keluarga Bugis Soppeng (DPN KKBS) dibawah pilar KKSS yang merupakan paguyuban berkumpulnya warga soppeng di tanah rantau.  Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi rumpun warga Soppeng di Tanah Rantau.

- Advertisement -

Sepak terjang  dalam menggerakkan pengusaha yang berjiwa sosial (Socio Preneur)  tak perlu diragukan lagi.  Ia sangat gigih dalam mendorong UMKM untuk terus maju. Beberapa program permberdayaan UMKM yang ia inisiasi dalam memperkuat ekonomi kerakyatan yang lebih menekankan aspek socio preneur.  

Di lingkungan sekitar ia tinggal di Jakarta, ia hadirkan kos kosan murah bagi orang kurang mampu.  Begitupun dengan usaha pertanian dan perikanan yang dilakoni di sekitar rumahnya, tak melulu ia jual, namun sebagian hasil panen berupa sayuran ia bagikan kepada warga yang membutuhkan.  

Selamat Milad Dr. H. A. Jamaro Dulung, M.Sc yang Ke 63. Semoga senantiasa menjadi spirit keteladanan bagi generasi pelanjut. Sukses dan selalu bahagia Salam Yassisoppengi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here