PSBM XXIII: Membangkitkan Spirit Saudagar Bugis Makassar, Dihelat di Makassar, 29-30 April 2023

0
1905
- Advertisement -

PINISI.co.id- Pertemuan Saudagar Bugis Makassar Ke 23 (PSBM XXIII) dijadwalkan dihelat di Makassar pada akhir April usai Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Tema yang diusung panitia adalah Membangkitkan Spirit Saudagar Bugis-Makassar yang disepakati bersama oleh Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna, Sekjen Abdul Karim, Sekretaris Panitia PSBM Mastuti Betta, beserta Haikal, Eptati Komaruddin, dalam rapat PSBM dan Safari Ramadhan di Kantor Pusat KKSS, Jakarta, Jumat (24/3).

Hadir Ketua Panitia Safari Ramadhan Awaluddin Tjalla dan Ramli Massainge dari unsur kepanitiaan ramadhan KKSS.

Terkait tema PSBM, Ketua Dewan Kehormatan KKSS Jusuf Kalla, sebelumnya saat menerima Ketua Panitia PSBM XXIII Mashur Bin Moh Alias di Lapangan Golf Halim, Rabu (22/3) menekankan pentingnya spirit saudagar Bugis Makassar dalam berusaha dan menjaga semangat kewirausahaan.

Atas dasar itulah panitia sepakat bahwa tema pada PSBM pada tahun ini mengusung soal spirit dalam menjalankan bisnis dan membangun bangsa.

- Advertisement -

Tak dimungkiri, dalam beberapa kali perhelatan PSBM, Kalla kerap mengulangi arahannya bahwa betapa penting dan utama spirit saudagar Bugis Makassar dalam membangun usaha.

“PSBM dilaksanakan untuk menjaga spirit saudagar dengan terus berprestasi. Modalnya adalah semangat dan disiplin,” kata Kalla seraya menambahkan, dari spirit itulah maka timbul kekuatan untuk tetap berbuat yang lebih baik.

Kalla mengungkapkan hal itu dalam PSBM ke- 17 pada 2017.

Sementara dalam PSBM Ke-22, Kalla menggarisbawahi akan perlunya regenerasi pengusaha. Dalam pengamatannya ada kecenderungan regenerasi saudagar Bugis Makassar melemah lantaran banyak pengusaha yang terlalu cepat menyeberang ke politik. “Perkuat usaha dulu dengan regenerasi. Kalau semua mau ke politik, siapa yang dagang,” kata Kalla mengingatkan.

Karena itu, Kalla memandang bahwa tak ada unsur politik dalam PSBM XXIII yang bakal digelar di Hotel Four Point Makassar, pada 29-30 April 2023 mendatang. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here