Pentingnya Lembaga Beasiswa Untuk Memajukan SDM Indonesia

0
523
- Advertisement -

 

PINISI.co.id- Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito menjadi pembicara kunci mewakili Menko PMK pada Acara Kongres Beasiswa Ke 3 di Auditorium Perpusatakan Nasional RI, Jakarta Pusat, pada Kamis Pagi (25/01/2024).

Warsito menyampaikan bahwa keberadaan beasiswa dan lembaga beasiswa sangat penting mengingat ada 3 (tiga) aspek pilar pembangunan Indonesia yang perlu selalu dibina yaitu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. Tiga hal tersebut merupakan indikator kualitas SDM, yang sekarang berkembang menjadi Human Capital Index.

“Kemampuan memajukan pendidikan bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga masyarakat ataupun pihak ketiga, oleh karena itu keberadaan lembaga pemberi beasiswa sangatlah penting dalam menegakkan pilar pendidikan. Untuk itu atas nama pemerintah, kami mengapresiasi lembaga Bapak Ibu sekalian,” ujar Warsito.

- Advertisement -

Warsito juga menyampaikan harapan agar forum beasiswa Indonesia mampu berperan aktif untuk memajukan SDM Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa Angka Pertisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia masih di bawah 40, dan di Asean menempati urutan ke-4 di bawah Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Kongres Beasiswa Indonesia merupakan kongres nasional yang mempertemukan para pengelola beasiswa dari berbagai lembaga pemerintah, perusahaan dan yayasan dari dalam dan luar negeri untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan SDM Indonesia melalu program beasiswa.

Warsito mengatakan momen ini bisa dijadikan ajang untuk mengenalkan profil lembaga beasiswa beserta program-program unggulannya kepada sesama pengelola beasiwa serta kepada masyarakat umum.

Dia pun berharap agar kegiatan ini dapat mendorong terjadinya sinergi dan kolaborasi efektif antara lembaga pengelola beasiswa yang berasal dari pemerintah, lembaga internasional, lembaga pemberi dana hibah dan dunia industri.

“Semoga kongres ini menjadi momentum untuk penguatan peran lembaga pengelola beasiswa dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing SDM Indonesia,” tutup Warsito. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here