Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN Bahas Prioritas Keketuaan Indonesia Jelang KTT ke-43 ASEAN

0
166


PINISI.co.id- Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN (ASEAN Senior Officials’ Meeting/SOM) telah berlangsung hari ini (3/9) di Sekretariat ASEAN, Jakarta (3/9). SOM membahas sejumlah hal terkait prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dalam tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Reza Suryodipuro, saat Press Briefing di Media Center KTT ke-43 ASEAN yang juga telah memimpin SOM (3/9/2023). SOM dihadiri oleh pejabat tinggi dari kementerian luar negeri seluruh negara anggota ASEAN serta Timor-Leste.

“Pada pilar ASEAN Matters, telah dibahas mengenai pembentukan prosedur pengambilan keputusan atau decision-making process para Pemimpin ASEAN pada saat situasi tertentu atau situasi krisis,” ujar Sidharto.

“ASEAN harus responsif terhadap perubahan yang sangat cepat di kawasan, termasuk bagaimana ASEAN menyikapinya secara lebih tegas sebagai lembaga yang semakin matang. Hal ini penting dalam mengantisipasi perkembangan dinamika yang ada,” lanjutnya.

Disampaikan juga bahwa pada pilar Epicentrum of Growth, telah dibahas isu keamanan dan ketahanan pangan untuk mendorong kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan, dan ekonomi biru.

SOM merupakan pertemuan pada pilar politik dan keamanan yang mendahului berbagai pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri yang akan dilaksanakan esok hari Senin (4/9/2023) yakni ASEAN Ministerial Meeting (AMM), ASEAN Political-Security Community Council (APSC), dan ASEAN Coordinating Council (ACC).

Ketiga pertemuan ini selanjutnya akan merekomendasikan berbagai dokumen dan keputusan kepada Pemimpin ASEAN di KTT.

Selain itu, berbagai pertemuan persiapan KTT ke-43 ASEAN di pilar lain telah mulai berlangsung seperti ASEAN Socio Cultural Community Council (ASCC) dan ASEAN Economic Community Council (AECC) yang telah menyepakati berbagai dokumen dan keputusan di bidang sosial budaya dan ekonomi.

Rangkaian KTT ke-43 ASEAN sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here