Perjamuan ( Mattuana ) Resepsi Perkawinan Ananda A M. Ryan Januardi Jamaro Dulung dengan Ade Irma Suriani Nasrullah

0
165

Kolom Fiam Mustamin

PERNIKAHANNYA telah berlangsung 23 September 2023 di Pajalele Pinrang Sulsel. Adapun resepsi di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, 7 Oktober 2023. 

Apa yang terbayangkan dari prosesi perkawinan trah bangsawan di tanah Bugis. Prosesi perkawinan seperti itu mengikuti adat dengan berbagai tahapan tradisi yang bisa berlangsung antara tiga sampai tujuh hari.

Prosesi seperti ini dilakukan secara selektif dengan pertimbangan trah dan kesiapan material. 

Selama tiga hingga tujuh hari dan malam itu, berdatangan para kerabat sebagai tanda bersyukur dan disiapkan jamuan makan dengan memotong hewan sapi atau kerbau tiap hari.

Saya menyaksikan perkawinan serupa itu dengan putri Andi Mustari Pide di Sao Mario Batu Batu Soppeng puluhan tahun silam, perhelatan seperti belum tentu dapat ditemui adanya puluhan tahun kemudian.

Di perjamuan resepsi putra putri Andi Jamaro dan Andi Nurhiyari itu, saya hadir dengan full aksesoris perlengkapannya. Ternyata hanya saya sendiri yang mengenakan itu dan sahibul hajat mengatakan, syukur ada yang mewakili kita.  

Begitu seringnya saya menjadi among tamu di perkawinan warga KKSS sehingga mengerti apa yang perlu saya lakukan.

Saya mengenali tamu-tamu tokoh warga KKSS, saya menyambutnya di ujung kiri pelaminan dan mengarahkannya ke bufe yang sudah disiapkan.

Saya begitu menikmati kerja among tamu ini, apalagi dengan senior yang mengingat dan menyebut nama.

Tetamu yang hadir malam itu semua dapat sambutan dari pengurus IWSS yang cukup banyak dan masing-masing menghandel tamu yang dikenalnya.

Sepanjang perhelatan sepertinya tak ada tamu yang dibiarkan jalan sendiri.

Orang Bugis mengatakan bahwa untuk mengenali pribadi lebih jauh seorang pemangku hajat, lihatlah ketika melakukan hajatan.

Di malam itu, terkonfirmasi akan hadir Capres Anies Rasyid Baswedan, sahabat sahibul hajat, yang hadir lebih awal Cawapres Muhaimin Iskandar ( Cak Imin ) yang sore itu segera terbang ke Surabaya.

Tokoh lain banyak yang hadir antaranya Jusuf Kalla, Wapres  2004 dan 2019.

Topada salama to mamminasa, nammaseiki Puannge,  aamiin.

Legolego Ciliwung 

9 Oktober 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here