Percikan Renungan dan Ajakan Optimisme Amir Uskara

0
160

Buku Percikan Pemikiran Penulis Dr. H.M. Amir Uskara Editor Bachtiar Adnan Kusuma Penerbit Yapensi 2021  

PINISI.co.id- Ini buku yang pas dibaca dalam kondisi kekinian. Masa pandemi yang sudah berjalan setahun lebih dan mendorong orang lebih banyak di rumah, menemukan konteksnya ketika kita membuka lembar demi lembar buku Percikan Pemikiran karya Dr. H.M. Amir Uskara ihwal Covid-19, dengan segala permasalahannya.

Politisi cum penulis Amir Uskara, telah menunaikan kewajiban moralnya untuk bersuara, bahkan merekamnya dalam sebuah buku ciamik, yang jarang-jarang dilakukan oleh politisi umumnya. Amir, segelintir dari politisi yang secara sadar mengabadikan pikirannya dalam buku — penanda peradaban sebagai karya abadi, ketimbang usia manusia yang sangat ringkas.

Kita patut mengapresiasi penulis dalam percikan pemikirannya yang mengjangkau, mengkaji dan memberi solusi bagaimana sepatutnya sebuah kebijakan lahir. Pelbagai ragam tema seperti ketokohan, kesehatan, demokrasi, ekonomi, sosial-politik, keilmuwan, adalah penjelas bahwa cakupan pengetahuan penulis seluas ilmu itu sendiri.

Dengan begitu, pembaca diyakinkan sehingga menuntaskan bacaan hingga titik terakhir. Selebihnya penulis membuktikan informasi yang dihimpun, diurai dan racik hingga matang, kemudian menghidangkan di atas meja laksana makanan yang siap disantap hingga tandas. Boleh jadi pembaca ingin menambah menunya, — tentu dalam bentuk karya berikutnya.

Karena itu, sebagian percikan pemikiran Amir Uskara menjumput tema-tema seputar pandemi yang menyeret kita semua ke suasana sedih ini. Penulis mampu menerakannya dengan penguatan data dan fakta membuat tulisannya relevan sambil memberi jalan keluar, minimal jalan tengah.

Dari buku ini, kita diajak merenung dan pada satu sisi kita didorong memiliki optimisme. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here