Penuh Khidmat, Karaengta Kota Baubau Merayakan Maulid dengan Spirit Empo  Sipitingarri 

0
281
- Advertisement -

PINISI.co.id- Karaengta Kota Baubau telah menunjukkan keandalannya dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara yang sangat istimewa dan tak terlupakan. Peringatan Maulid ini tidak hanya memukau mata, tetapi juga menyentuh hati ratusan orang yang hadir. Acara ini diadakan di Jalan Pahlawan Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau, Minggu (8/10/2023).

Penting untuk dicatat bahwa acara ini dijalankan tanpa adanya Panitia Pelaksana yang biasanya bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan acara semacam ini. Namun, apa yang terjadi di Baubau adalah bukti nyata bahwa Karaengta Kota Baubau kompak dan bersatu untuk mewujudkan program kerjanya.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Baubau, La Ode Hadia, serta Ketua Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD-KKSS) Kota Baubau, H. Andi Hamzah Machmud, S.Sos., M.Si., turut ambil bagian dalam menjadikan acara ini begitu berkesan. Mereka memberikan dukungan yang kuat dalam menyelenggarakan peringatan Maulid ini.

Para tokoh penting seperti Penasehat Karaengta Kota Baubau, Djafar Yusa Daeng Bonto, Bongkasa, S.Ag., Daeng Rela, serta Ketua Karaengta Kota Baubau, Abd Rahman Naba Daeng Lira, bekerja keras dengan penuh semangat untuk memastikan kelancaran acara ini.

Perayaan ini mengangkat tema “Meningkatkan Akhlak dan Cinta Kepada Rasulullah SAW,” yang berhasil menggabungkan keindahan visual dan spiritualitas yang mendalam. Pohon pisang yang dihiasi ribuan telur dan bakul songkolo Maudu menciptakan pemandangan yang menakjubkan, hampir seperti lukisan alam semesta itu sendiri. Kapal pinisi yang dihiasi dengan ratusan telur juga menambahkan sentuhan unik pada acara ini sebagai ikon Karaengta Kota Baubau.

- Advertisement -

Namun, daya tarik utama acara ini bukan hanya keindahan visualnya. Ceramah yang disampaikan oleh Uztad Hasbulla S.Hi., tentang pentingnya meningkatkan akhlak sehari-hari dan mendalamkan cinta kepada Rasulullah SAW, telah menginspirasi ratusan hadirin yang memenuhi tempat tersebut. 

Uztad Hasbulla menegaskan bahwa akhlak yang baik adalah dasar utama dalam mempraktikkan ajaran Islam yang sejati, dan menjalani kehidupan yang bermartabat adalah bentuk penghormatan sejati kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, acara ini juga memberikan perhatian istimewa kepada kegiatan sosial yang sangat penting dalam Islam. Para jamaah Maulid Nabi SAW bersama-sama terlibat dalam berbagai program amal, seperti memberikan makanan kepada kaum dhuafa dan memberikan bantuan kepada anak-anak yatim. Tindakan ini memberikan pesan kuat tentang pentingnya kepedulian sosial dalam menjalani ajaran Islam.

Semangat persatuan dan kebaikan yang tercermin dalam acara ini memberi harapan bahwa Karaengta Kota Baubau pada khususnya dan Masyarakat Kota Baubau pada umumnya akan terus diilhami untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Ketua Karaengta Kota Baubau, Abd Rahman Naba Daeng Lira, menegaskan bahwa kegiatan Maulid Nabi ini melibatkan seluruh warga dan Pengurus Karaengta Kota Baubau, menekankan semangat “EMPO SIPITANGARRI” (musyawarah mufakat) sebagai dasar dari acara ini tanpa Pembentukan Panitia dan jika ini sukses berarti Kesuksesan Milik Warga dan Pengurus Karaengta Kota Baubau.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua warga dan Pengurus Karaengta Kota Baubau yang telah aktif berpartisipasi dalam acara ini, serta kepada semua tamu undangan yang turut memeriahkan perayaan Maulid Nabi ini. 

Semoga semangat kebersamaan dan kebaikan yang tersirat dalam acara ini akan terus mengilhami kita semua, Warga Karaengta dan masyarakat Kota Baubau dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Dalam kesederhanaan perayaan ini, kita menemukan kekayaan nilai-nilai yang membentuk inti dari kehidupan beragama yang sejati. Semoga semangat ini terus menyala di hati semua orang, terutama di warga dan Pengurus Karaengta Kota Baubau, kesuksesan kegiatan kita hari ini bukan kesuksesan milik orang perorangan melainkan kesuksesan kita semua Warga dan Pengurus Karaengta Kota Baubau. (AB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here