Bachtiar Adnan Kusuma Mengundurkan Diri GPMB, Konsentrasi Membantu Chaidir Syam dan Tina Bohari di Maros

0
315
- Advertisement -
Bachtiar Adnan Kusuma (kiri) bersama Bupati Maros Chaidir Syam dan istri.

PINISI.co.id- Tokoh Literasi yang juga Ketua Forum Nasional Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Kepala Badan Nasional Literasi Labbaik IKA BKPRMI, Deklarator dan Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia Pusat, Deklarator Nasional Guru, Pustakawan Menulis Satu Buku Indonesia, Dewan Pembina Pusat Rumah Produktif Indonesia, Bachtiar Adnan Kusuma, mengundurkan diri dari Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Periode 2023-2028. Peryataan penguduran diri sebagai Pengurus Pusat GPMB disampaikan secara tertulis kepada Ketua Umum dan Sekjend GPMB Pusat di Jakarta.

Menurut Bachtiar Adnan Kusuma, penguduran dirinya sebagai pengurus pusat GPMB selain memusatkan diri membantu Bupati dan Wakil Bupati Maros, Dr.H.A.S.Chaidir Syam, S.IP.M.H. dan Hj. Suhartina Bohari, S.E. mendorong tumbuhnya pembudayaan minat baca di Kabupaten Maros juga akan memusatkan diri mengembangkan GPMB di Sulawesi Selatan maupun di Kabupaten Maros.

“ Terima kasih kepada Ketua Umum, Sekjend dan seluruh pengurus GPMB Pusat, terima kasih kepada Bapak Kepala Perpustakaan Nasional, Bapak Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Dr. Adin Bondar, M.Si. yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk ikut serta terlibat di GPMB” papar Bachtiar Adnan Kusuma, Sabtu 27 Januari 2024 di Makassar.

Bachtiar Adnan Kusuma tercatat sebagai Ketua GPMB Provinsi Sulawesi Selatan pada 2005-2012 selama dua periode dan telah mengantarkan GPMB Sulsel sebagai pusat percontohan pembudayaan minat baca di Indonesia. BAK tercatat telah berhasil membentuk 14 Pengurus Daerah GPMB di Sulsel, Ketua Umum Panitia Nasional Munas II GPMB di kota Makassar pada 2007, berhasil menggalang kerjasama dengan GPMB Sulsel dan KPID Sulsel menggelar Gerakan Nonton Sehat, Gerakan Aksi Sejuta Buku untuk Sulsel di Mall Ratu Indah, Makassar pada 2012 yang dibuka Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Kepala Perpustakaan Nasional dan diikuti seluruh kepala Perpustakaan Kabupaten Kota dan Provinsi di Indonesia, bekerja sama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk Transformasi Indonesia Pintar di Sulawesi Selatan.

BAK juga tercatat sebagai Penulis Buku Produktif Nasional yang telah melahirkan ratusan buku-buku bergenre Tokoh Nasional Indonesia dan Tokoh Lokal. Ayah dari dr.Dea Ambarwati Kusuma, S.Ked., dr.Mulafarsyah, S.Ked. ria A Kusuma, S.Psi. Safwan Ariyadi Kusuma, Farhan A Kusuma. ( Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here