Pemkab Buton Selatan Gulirkan Bantuan Sosial Kepada Warga Terdampak Pandemi

0
68

PINISI.co.id- Pemberian bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten Buton Selatan tetap berjalan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan akibat Covid-19.

Bupati Buton Selatan La Ode Arusani menitip pesan kepada para penerima bantuan agar manfaatkan dengan sebaik-baiknya, “Saya tetap komitmen dengan janji politik saya pada saat saya berkampanye disini, bahwa saya tetap akan bantu dan perhatikan masyarakat melalui program-program yang telah ditetapkan pada masing-masing OPD diantaranya melalui Program Penanganan Kemskinan,” katanya.

Bantuan sosial itu diberikan kepada yang berpenghasilan rendah dengan memberdayakan mereka (KPM) melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari dana APBD Tahun Anggaran 2020.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, masyarakat penerima bantuan harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola PUSDATIN pada Kementerian Sosial yang merupakan Basis Data yang selama ini digunakan untuk pemberian bantuan sosial. Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan merujuk pada Aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Nex Generation).

Terkait hal itu, Bupati Buton Selatan La Ode Arusani secara simbolis menyerahkan Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada penerima KUBE di Desa Molona Kecamatan Siompu Barat, 5 Oktober 2020 sebanyak 2 (dua) Kelompok, selain itu masih ada pemberian bantuan serupa lagi di desa Waonu, Kadatua dan di Desa Lampanairi serta Kelurahan Molagina Kec. Batauga.

“Saya akan kolaborasikan bantuan KUBE ini antara Dinas Sosial dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab.Buton Selatan, Dinas Sosial, ” kata Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan H. La Ode Taatlan mengapresiasi Bupati yang selama berupaya mengatasi kemiskinan walaupun dalam suasana Pandemi Covid-19.

Karena itu, La Ode Taatlan juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat yang berada di Kecamatan Siompu dan Siompu Barat, harus tetap bersatu saling bahu membahu untuk membangun Buton Selatan yang lebih baik. (Yadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here