Pembatasan yang Membawa Berkah di Musim Pandemi Covid-19

0
557
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

PANDANGAN ini bersifat subyektif dari sisi pendekatan setiap orang yang menghadapi secara ekonomi. Pembatasan menimbulkan dampak berkurangnya akses mendapatkan penghasilan.

Pembatasan ruang gerak pergerakan dimaksud untuk memproteksi diri dari wabah penyebaran virus korona yang datang sewaktu waktu menyerang dan mematikan.

Antisipasinya menghindarj dengan menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker yang menutup hidung dan mulut.

Tidak ada jaminan sudah steril terbebas dari virus, karena itu tetap perlu memproteksi diri dengan mematuhi protokol kesehatan Tiga M. Dampak lock down dalam semua tingkatan skala menjadi positif dengan lebih banyak khusuk beribabah misalnya dengan itikaf semasa musim pandemi in.

- Advertisement -

Lebih dari itu dalam situasi yang mencekam seperti ini memberi kesempatan untuk membaca buku-buku yang ada, yang ketika dibeli sekadar membaca pengantarnya saja. Demikian pula dengan buku-buku pilihan yang diterima langsung dari sahabat Penulisnya yang akan saya ulas.

Tak terduga selama pandemi ini saya ber kesempatan membaca sekitar 30 judul buku yang beaneka tema bahasannya.

Saya menyebut beberapa judul kategori buku Ensiklopedia dan Referensi dalam ragam tema Keagamaan, Kenegaraan, Pergerakan Politik, Pertanian, Kebudayaan, Sastra, Kesetaraan Jender, Hak Asasi Manusia dan Pers/Junalistik.

Diantara buku-buku itu ada tiga kategori ensiklopedia yang mencakup beberapa tema bahasannya berhalaman tebal yang perlu ketekunan dan kesabaran untuk membacanya.

Saya membacanya dengan cermat untuk memaknai ide, gagasan dan jalan pikiran penulisnya. Karena itu, saya membuat catatan serta resume per bagian tema yang saya baca. Saya lakukan itu di ensiklopedia Muslimah Reformasi Pokok Pokok Pemikiran Untuk Reinterpretasi dan Aksi Prof Dr Musdah Mulia, 846 halaman terbit tahun 2020.

LA GALIGO, Menyusuri Jejak Warisan Sastra Dunia Prof Dr Nurhayati Rahman, 547 halaman terbit tahun 2003.

Mengulas epos Sureq Galigo tentang peradaban Manusia To Manurung titisan dewa langit dan penjelajahan tokoh Sawerigading ke negeri Cina dan Nusantara di masa abad pra sejarah.

JALAN Dakwah Di Bumi Barat Biografi Dr Imam Shamsi Ali Al Kajangi, editor Lamadi De Lamanto, 225 halaman terbit tahun 2020. Dr Shamsi Ali Al yang saat ini ini bermukim di New York melakukan perjalanan dakwah/ siarnya terinspirasi dari perjalanan pengasingan Syech Yusuf al Macassar ke Saylon dan Afrika Selatan sembari bersiar agama, dikenal mengajarkan tasawuf khalwatia.

Jati Diri Manusia Bugis Prof Dr Mashadi Said, mengulas Peradaban Manusia Bugis yang menganut budaya kejujuran, kecendekian/kearifan dan keikhlasan.

Berikutnya 3 jilid Ensiklopedia pemikiran Prof Dr Yusril Ihza Mahendra jilid 3 sebanyak 374 halaman terbit tahun 2016. Mengulas tema keagamaan, pergerakan politik, demokrasi dan kenegaraan.

Pandangan perbandingan Demokrasi dan Pergerakan Politik Di Mesir, India, Pakistan dan Malaysia.

TATA Kelola Bernegara, Abdilla Fauzi Ahmad, politikus partai Hanura, mengulas konsep bernegara/ berdemokrasi dari zaman klasik Yunani/ Roma, Pergerakan hingga Kemerdekaan, 541 halaman terbit tahun 2012.

NOVEL Bulan Cahaya tentang dinamika kejayaan Bugis Melayu berlatar sejarah kerajaan Melayu Riau lingga, Rida K Liamsi, 330 halaman terbit tahun 2007.

TANTANGAN Media Menegakkan Kode Etik Jurnalistik, Ilham Bintang, wartawan senior, tokoh pers nasional yang tetap bersahaja, sahabat sejati ini mengibaratkan dirinya sebagai daun daun kecil kehidupan.

Saya tertarik menyitir sambutan Teguh Esa ketua panitia Hari Pers Nasional 2016 dengan judul Verba Volant Scripta Manent dalam buku Ilham Bintang tersebut, bahwa kata-kata yang disampaikan akan mudah menguap dan dilupakan banyak oang, kecuali kata-kata itu dituliskan… demikian pepatah dalam bahasa latin.

Buku buku referensi Dr Ir Moh Jafar Hapsah tentang Pertanian khsusnya Tanaman Pangan dan sejumlah karya karya puisinya serta buku politik yang telah dituliskan sekian tahun silam telah mengisi pustaka-pustaka baca di beberapa tempat.

Somoga buku-buku itu dapat menjadi sumber inspirasi yang memperkaya wawasan.

Serambi Inspirasi Ciliwung 20 Februari 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here