Nasi Jotos di Ki Ageng Kebo Kanigoro Kartoharjo Kota Madiun

0
367
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

NAMA judul itu adalah alamat putri kedua saya, Siti Nurlaila yang bekerja di Perum PERHUTANI kota Madiun.

Sejak Pebruari 2023, ia bergabung di situ dari 4 tahun di Trans Studio Jambi.

Saya berkunjung ke kota itu untuk menemui cucu laki Uwais Lazuardi Haidar yang usia satu tahun pada 12 Agustus 2023.

Perjalanan dengan kereta api dalam suasana HUT Ke 78 Kemerdekaan saat ini dapat menikmati keramaian kota yang dihias sepanjang jalan.

- Advertisement -

Di kereta api saat ini bebas asap rokok dan terbebas pula dengan jajanan aneka makanan asongan rakyat yang turun naik di setiap di stasiun.

Makanan asongan itu, terasa sesuatu yang selalu dirindukan kehadirannya sebagai suatu bentuk interaksi sosial perjalanan di atas kereta, dan saat ini kita tidak menemukannya suara suara itu lagi yang menjajakan makanannya.

Mungkinkan makanan asongan itu hadir kembali di gerbong kelas ekonomi rakyat di bulan bulan peringatan hari perjuangan rakyat ( Pahlawan dan Kemerdekaan ).

Nasi Jotos

Di hari pertama pagi, saya melakukan olahraga jalan kaki untuk mengetahui keadaan sekitar rumah minimal, nama jalan, masjid dan pasar.

Dari situlah saya menemukan beberapa kedai makan pinggir jalan antaranya dengan nama nasi Jotos dan Bule.

Penasaran tentang Jotos itu, saya perlu mencicipinya. Dan menemukan nasi bungkusan sebentuk kepalan tinju dengan tiga macam lauk, cukup nikmat dengan nasinya yang pulen.

Permukiman Aura Wali

NAMA nama jalan itu saya konfirmasi ke Imam mushallah untuk mendapatkan informasi bahwa apakah nama tersebut turunan wali dan ada yang bermakam di tempat ini atau mengabadikannya sebagai tanda penghormatan untuk selalu mengingat Waliullah dan turunannya.

Dengan pemahaman itu, saya menemui cucu sekaligus melakukan napak tilas mengingat dan mendoakan leluhur kita, Al Fatihah …

Ke Madiun, saya juga menghidupkan kenangan puluhan tahun silam pada 1980 dalam profesi jurnalistik guna meliput film Sakerah yang mengabadikan pabrik gula Madiun masa kolonial dan Karapan Sapi di Bangkalan Madura.

Kanigoro Madiun, 26 Agustus 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here