Makna Penanggalan Hari yang Disimbolkan dengan Nama dan Sifat Hewan

0
750
- Advertisement -

Catatan Andi Wahida Tuan Guru Sulaiman

TULISAN ini menguraikan Lontara Penanrang atau pedoman penanggalan dari hari pertama sampai hari ke tiga puluh terbitnya bulan (ompona ulengnge).

Setiap hari penanggalan itu disimbolkan dengan nama hewan dengan karakteristiknya yang menjadi panduan untuk melakukan suatu hajat atau tidak melakukan suatu hajat sebagai berikut :

1.Tanggal satu, Esso Annyaranngi asenna (hari kuda namanya) yang sifatnya, tidak baik untuk merantau, baik untuk urusan pemerintahan dan ini hari kelahiran Adam.

2. Tanggal dua, Esso Jongai asenna (hari rusa /kijang namanya ) sifatnya, baik untuk perkawinan dan untuk jualan, ini hari kelahiran Hawa.

- Advertisement -

3. Tanggal tiga, Esso Sikui asenna ( hari yang saling bertentangan seperti menyulam ) sifatnya, tidak baik untuk semua jenis pekerjaan.

4. Tanggal empat, Esso Meongngi asennna ( hari kucing namanya ) sifatnya; baik untuk membangun rumah dan pernikahan.

5. Tanggal lima, Esso Ulai asenna ( hari ular namanya) sifatnya, semua yang dikerjakan tidak baik, tenggelamnya umat, banjir dahsyat yang dialami Nabi Nuh AS.

6. Tanggal enam, Esso Tedongngi asenna ( hari kerbau namanya ) sifatnya, baik untuk pembelian kerbau, tidak baik untuk merantau, dan membeli pakaian.

7. Tanggal tujuh, Esso Balawoi asennna ( hari tikus namanya ) sifatnya, bila berutang tidak dapat membayar utangnya.

8. Tanggal delalan, Esso Banua Alipengngi asennna ( benua alipengngi namanya ) sifatnya, baik untuk bepergian dan pernikahan.

9. Tanggal sembilan, Esso Nagai asenna ( hari naga namanya ) sifatnya, bagus untuk bepergian.

10. Tanggal  sepuluh, Esso Nagai asenna ( hari naga namanya ) sifatnya, baik untuk meratau, mendirikan rumah dan menanam.

11. Tanggal sebelas, Esso Macangngi asenna ( hari macan / harimau namanya ) sifatnya, hari masuknya surga Nabi Adam, baik untuk kembali ke pantai dari pelayaran.

12. Tanggal dua belas, Esso Macangngi asenna ( hari macan / harimau namanya ) sifatnya, baik untuk jual – jualan.

13. Tanggal tiga belas, Esso Gajai asenna ( hari gajah namanya ) sifatnya, tidak baik untuk merantau dan kurang kebaikannya.

14. Tanggal empat belas, Esso Pulandoi asenna ( hari kancil namanya ) sifatnya, baik untuk semua pekerjaan kecuali merantau.

15. Tanggal lima belas, Esso Balei asenna ( hari ikan namanya ) sifatnya, baik untuk membuat perahu.

16. Tanggal enam belas, Esso Bawi asenna ( hari babi namanya ) sifatnya, baik untuk menanam dan tidak dengan yang lainnya.

17. Tanggal tujuh belas, Esso Jarikaniai asenna ( hari jarikaniai namanya) sifatnya, baik untuk semua pekerjaan termasuk merantau, melamar dan menghadap raja /peuguasa.

18. Tanggal delapan belas,  Esso Balipengngi asenna ( hari kelabang namanya ) sifatnya, baik untuk merantau, pernikahan, mendirikan rumah dan menanam.

19. Tanggal sembilan belas, Esso Lawenngi asenna ( hari emas namanya ) sifatnya, bagus untuk melamar.

20. Tanggal dua puluh, Esso Ala-alai asenna ( hari ala ala namanya ) sifatnya, baik untuk melamar dan orang akan senang menerima kedatangan kita.

21. Tanggal duapuluh satu, Esso Nahase ( hari sial namanya ) sifatnya, kurang kebaikannnya.

22. Tanggal duapuluh dua,  Esso Assiuddaningeng asenna ( hari saling merindukan namanya ) sifatnya, baik untuk merantau, mendirikan rumah, pernikahan dan menanam.

23. Tanggal  duapuluh tiga, Esso Ilesso’I asenna ( hari berlalu / lampau / lewati namanya ) sifatnya, baik untuk merantau, menanam, pernikahan dan tidak baik untuk yang lain.

24. Tanggal duapuluh empat,  Esso Pariai asenna ( hari pare namanya ) sifatnya, kurang kebaikan.

25. Tanggal duapuluh lima, Esso Pasessoroa asenna ( hari menyerah, mundur namanya ) sifatnya, kurang kebaikan.

26. Tanggal duapuluh enam,  Esso Suniai asenna ( hari suniai namanya ) sifatnya, baik untuk merantau, menanam, kalau berutang akan cepat terbayar dan baik untuk nelayan.

27. Tanggal duapuluh tujuh, Esso Ulai asenna ( hari ular namanya ) sifatnya, semua yang dikerjakan akan baik, merantau, menanam dan bila berutang akan cepat terbayar.

28. Tanggal duapuluh delapan, Esso Alapung asenna ( kura – kura namanya ) sifatnya, semua yang dikerjakan akan baik, merantau, menanam dan kalau berutang akan cepat terbayar.

29. Tanggal duapuluh sembilan, Esso itii asenna ( hari itik namanya) sifatnya,
tidak baik untuk merantau dan kurang kebaikannya.

30. Tanggal tigapuluh, Esso Manu’ asennna ( hari ayam namanya ) sifatnya,
baik untuk menebang kayu yang tidak akan  dimakan rayap dan kalau ada anak yang lahir akan murah rejekinya.

Dalam lontara pananrang, setiap hari hitungannya mulai dari hari Jumat sampai hari Kamis yang dibagi kedalam lima waktu yaitu :

1. Pagi,
2. Antara pagi dan tengah hari (abbue-bueng),
3. Tengah hari,
4. Lewat tengah hari dan
5. Sore

Tiap waktu ada pembatasan jam berlakunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here