Kukuhkan KKSS Kaltara, Ketum Muchlis Patahna: Ciptakan Harmoni dan Gali Potensi Ekonomi Warga

0
711
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tujuan utama didirikan KKSS antara lain menjaga harmoni bangsa dan menjaga harmoni kekeluagaan. Apabila tak harmonis, biaya sosialnya sangat mahal, sebagaimana kerusuhan yang melanda Tarakan tahun 2010 lalu.

Hal itu diingatkan Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna seusai melantik Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Kalimantan Utara periode 2021-2026, di Tarakan, Minggu (26/9/21).

Dikonfirmasi PINISI.co.id, Muchlis melanjutkan bahwa banyak korban jiwa dan materi bila terjadi letupan sosial.

Muchlis didampingi Sekjen A. Karim mengambil sumpah H. Sulaiman dan sejumlah pengurus intinya dengan penyerahkan pataka KKSS kepada ketua KKSS Kaltara terpilih.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal A.Paliwang  mengucapkan selamat kepada H. Sulaiman beserta jajaran pengurusnya sebagai Ketua BPW KKSS Kaltara.

- Advertisement -

Zainal mengharapkan seluruh pengurus menjalin kerja sama dengan Ketua BPW KKSS Kaltara yang baru, guna memajukan kesejahteraan masyarakat Kaltara.

“Jangan ketuanya saja yang bekerja sendirian, tapi para pengurus lainnya juga harus membantu ketuanya. Dengan begitu tercipta organisasi yang kuat dan baik, sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mensejahterahkan masyarakat Kaltara,” pesan Gubernur Zainal yang juga Dewan Kehormatan BPW KKSS Kaltara pada periode ini.

Kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, Gubernur Zainal berpesan agar bersinergi untuk memajukan KKSS menjadi lebih baik dan bermanfaat, termasuk bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Kaltara.

Gubernur Zainal memastikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan terus mendukung setiap kegiatan seluruh organisasi kemasyarakatan di Bumi Benuanta. Tak terkecuali untuk KKSS.

Oleh karenanya, mantan Wakapolda Kaltara itu mengharapkan setiap organisasi kemasyarakatan di Kaltara dapat bersinergi dan tercipta harmonis bersama pemerintah daerah. Hal ini guna mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera.

“Jadi, semua elemen masyarakat harus bisa harmonis, dengan begitu, kita semua dapat menjadikan Kaltara yang lebih baik ke depannya,” harapnya.

Selain pelantikan KKSS Kaltara, juga digelar pengukuhan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) periode 2021-2026 yang diketuai Hasbudi.

Pemberdayaan Ekonomi Warga

Terkait kegiatan KKSS, Muchlis menyinggung prihal pengadaan kantor organisasi KKSS yang permanen, sehingga kepengurusan harus mewariskan kantor permanen atas nama KKSS.

“Kepada Berigjen Andi Sulaeman sebagai Ketua BPW KKSS Kaltara sebelum masa jabatan berakhir kita sudah melihat kantor KKSS permanen senagai tanda kebesaran KKSS,” pinta Muchlis.

Selain itu Muchlis menekankan akan pentingnya pemberdayaan ekonomi menjadi program utama dengan memanfaatkan dan menggali pontensi setempat. “Pengurus harus bergerak dan menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi,” kata Muchlis.

Dalam kesempatan itu Muchlis juga berharap kepada Gubernur Kaltara sebagai anggota KKSS membangun Kaltara demi kesejahteraan rakyatnya dan menciptakan harmoni seluruh etnis di Kaltara. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here