KKSS Menjajaki Gelaran Festival Seni Budaya di Cape Town Afrika Selatan

0
868
- Advertisement -

PINISI.co.id- BPP KKSS menjajaki kemungkinan digelarnya festival seni budaya di Cape Town pada 2024 mendatang. Hal itu mengemuka saat sejumlah pengurus KKSS menerima kunjungan silaturahim Prof. Najma Moosa, Professor of the University of Western Cape Africa Selatan di Kantor KKSS Minggu (25/6).

Seperti diketahui Najma Moosa memiliki sejumlah agenda di Indonesia selama 10 hari sejak 18 hingga 27 Juni 2023.

Di Jakarta, Najma Moosa yang juga merupakan turunan Syekh Yusuf ini bersilaturahim dengan Pengurus BPP KKSS dan diterima oleh Wakil Ketua Umum KKSS Jumrana Salikki dan didampingi Keke Parawansa, Lasmy Aspar, Intiar Dekrit, Amiruddin, Firman, dan sejumlah pegiat Talang Institut.

Pengurus KKSS yang hadir adalah perwakilan dari departemen sosial budaya dan luar negeri.

Selain bincang ringan terkait peran Syekh Jusuf, Najma Moosa juga dijamu makan siang dengan menu tradisional Bugis Makassar seperti barongko hingga pallu mara dan ikan bakar parape.

Prof. Dr. Najma Moosa.
- Advertisement -

Jamuan ini disela dengan sesi diskusi sosial budaya serta legasi Syehk Yusuf dalam sejarah tidak saja di Indonesia namun juga di Afrika Selatan.

“Kita menggali kembali sejarah tentang pengasingan Syekh Yusuf di Afrika Selatan,” kata Jumrana.

Maklum, saat ini banyak pembelokan sejarah mengenai Syekh Yusuf di Afrika Selatan.

Karena itu, BPP KKSS berencana menjalin kerja sama dengan komunitas Syekh Yusuf di Afrika Selatan dalam rangka membuat kegiatan festival sosial-budaya Sulawesi Selatan di Cape Town pada 2024 yang melibatkan pemda dan pemprov Sulsel.

Selama di Jakarta, Najma Moosa ditemani oleh sejumlah pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa antara lain Keke Parawansa, Mubha Kahar Muang, Syamsu Salewangang, Hartati Cuppa.

Sebelumnya di Makassar, Najma Moosa menjadi pembicara dan panelis di UIN Makassar dan berziarah di makam pahlawan Syekh Yusuf Al Macassar dan Sultan Hasanuddin, serta berkunjung ke Museum Balla Lompoa di Sungguminasa.

Rencana pada Senin (26/6) pagi ini, Najma Moosa diterima Prof. Dr. Hafid Abbas di Universitas Negeri Jakarta dan selanjutnya besok Selasa, Najma Moosa pulang ke Cap Town, Afrika Selatan. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here