KKSS 2019-2024: Menguatkan Pilar sebagai Penyangga Utama KKSS

0
606
Ketua KKSS Muchlis Patahna tengah memberi wejangan kepada peserta rapat Pilar dan Panitia Pengukuhan KKSS di Jakarta, 13 Desember 2019.

PINISI.co.id- Pemberdayaan Pilar-pilar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menjadi sebuah keniscayaan dalam organisasi paguyuban sebesar KKSS. Tanpa pilar, ibarat bangunan rumah, KKSS akan berjalan pincang dan mudah rapuh apabila salah satu pilarnya goyah.

Hal itu mengemuka dalam rapat Koordinasi Pilar dan Panitia Pengukuhan KKSS, di kantor pusat KKSS, kawasan Benhil Raya, Jakarta, Jumat 13 Desember 2019. Rapat yang dipimpin Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna ini, dihadiri wakil pilar Pinrang, Wajo, Bulukumba, Selayar, Gowa, Maros, Bone, Pangkep, Luwu, Toraja, Kebugis Sidrap, badan otonom Amanna Gappa dan IKAMI Sulsel.   

“Kalau organisasi pilar kepengurusannya sampai dua dan saling mengklaim satu sama lain, maka itu tandanya pilarnya istimewa. Padahal  sebenarnya lebih kuat lagi jika kepengurusan pilar itu bersatu. Jadi Januari 2020 persoalan Pilar kita selesaikan dengan baik. KKSS tanpa pilar akan pincang, sebab pilar merupakan penyangga utama.  Rumah KKSS lebih kokoh karena menyatunya kekuatan Pilar,” kata Muchlis menamsilkan.

Merebaknya masalah kedudukan dan status pilar KKSS disoal sewaktu Mubes XI KKSS di Solo, 15-17 Desember 2019. Hal ni lantaran dualisme kepengurusan dan saling klaim keanggotaan sehingga membingungkan warganya.

Seperti diketahui Organisasi Pilar adalah kerukunan keluarga yang dibentuk berdasarkan kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan di mana pusatnya berkedudukan di Jakarta seperti Ikatan Keluarga Gowa, Hikma, KKTL, dan banyak lagi.    

Besarnya kepentingan dan  egosentrisme pengurusnya ditengarai memunculkan pilar kembar dalam satu daerah, seperti misalnya yang menimpa Himpunan Masyarakat Bone. “Bone harus kita besarkan, jadi dua plar saja kuat, apalagi kalau bergabung jadi satu, semakin kuat lagi,” kata Muchlis yang berasal dari Bone ini.

Sementara itu, wakil semjumlah Pilar mengapresiasi kepengurusan baru KKSS yang memberdayakan potensi pilar dalam ber-KKSS. “Kami menghargai jasa Pak Muchlis yang kembali menyapa Pilar dan mengajak berpartisipasi dalam sebuah event penting,” kata Wahab, juru bicara Pilar Pinrang.

Serupa dengan Pinrang, Sekretaris Kerukunan Keluarga Tana Luwu, Jaya Lupu juga mengangkat jempol  buat kepengurusan KKSS periode ini yang telah berkomitmen menyertakan Pilar-pilar dalam KKSS.

Antuasias wakil Pilar yang hadir dalam rapat ini, dibuktikan dengan sumbangan berbagai kuliner dan pergelaran musik pada pelantikan KKSS di TMII yang akan dihelat pada 18 Desember 2019. “Kita melibatkan semua unsur Pilar sehingga girah organisasi menjadi kebahagiaan kita bersama,” kata Jumrana Salikki, Ketua Panitia Pengukuhan KKSS.

[Lip]            

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here