Ketum KKSS Muchlis Patahna Minta Prinsip Kepemimpinan Siri’ na Pace Dianut KKSS Kendari

0
1427
- Advertisement -

PINISI.co.id- Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna meminta kepada Badan Pengurus Daerah KKSS Kota Kendari mengadopsi pola kepemimpinan siri na pacce dalam menjalankan roda organisasi kemasyarakatan ini.   

Hal itu disampaikan Muchlis Patahna pada pelantikan BPD KKSS Kota Kendari periode 2020-2024, di Hotel Claro, Kendari, Minggu siang (13/12/20).

Ketua BPW KKSS Sulawesi Tenggara Drs. Nurdin Tompo mengambil sumpah sekaligus melantik Ir. A. Yani Muluk sebagai Ketua BPD KKSS Kota Kendari.

Menurut Muchlis, pengukuhan ini memberikan gambaran berlangsungnya regenerasi kepemimpinan dalam struktur organisasi KKSS di Kota Kendari.

“Pergantian kepemimpinan dalam sebuah organisasi adalah hal yang wajar dilihat dari dinamika organisasi, dan juga tuntutan pengembangan organisasi. Ini disebabkan karena perubahan yang terjadi secara makro akan juga mempengaruhi kehidupan sebuah organisasi, termasuk kepengurusan KKSS Kendari.

- Advertisement -

“Sejatinya, menjadi pemimpin sebuah organisasi, bukanlah sebuah hal yang mudah. Dalam masyarakat Sulawesi Selatan mencakup Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar, menjadi pemimpin harus memenuhi syarat pribadi adiluhung. Pribadi adiluhung adalah pribadi yang dijiwai  oleh prinsip siri’ na pacce. Pribadi siri’ na pacce seorang pemimpin, harus memiliki sifat jujur, takwa, solider, gigih memperjuangkan kesejahteraan dan kedamaian rakyat, berani, teguh dalam pendirian, mampu mempersatukan rakyatnya, berwibawa, adil, terbuka pada nasihat dan kritikan,” kata Muchlis.

Muchlis mengutarakan, dalam perspektif kesejarahan, model kepemimpinan siri’ na pacce inilah yang umumnya dianut oleh para pemimpin/raja-raja di Sulawesi Selatan, sehingga dapat mengukir sejarah peradaban keindonesiaan yang kita dapat buktikan peninggalannya hingga saat ini, baik dalam bentuk karya monumental, maupun dalam bentuk fisik yang sangat dikagumi oleh orang banyak (baik di dalam maupun luar negeri).

“Karena itu, diharapkan model kepemimpinan yang berlangsung di BPD KKSS Kendari dari kepengurusan yang telah dilantik ini juga menganut prinsip-prinsip kepemimpinan siri’ na pacce dalam mengelola organisasi,” ujar Muchlis.

Muchlis mengharapkan agar kepengurusan KKSS Kendari dapat mengemban amanah dari para warga KKSS yang berada di wilayah ini. Kepada pengurus BPD KKSS sebelumnya, diharapkan tetap dapat mendampingi dan membimbing pengurus yang baru dengan prinsip “sipakainga na sipappaccei”.

Selain dihadiri pengurus KKSS Kendari dan Ketua BPD KKSS se Sultra, tampak pula Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra, Walikota Kendari Sulkarnain K,SE, ME,  Ketua IWSS Sultra,  para pemuka masyarakat, serta para ketua paguyuban, serta alim ulama. (Lip/A.Bilu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here