Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna: Hikma Lebih Tua Daripada KKSS

0
257

PINISI.co.id- Himpunan Keluarga Massenrempulu (Hikma) adalah organisasi komunitas masyarakat Enrekang yang lebih tua daripada KKSS itu sendiri. Tak heran apabila sejumlah pemuka Hikmah adalah pendiri KKSS.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna saat mengukuhkan Andi Rukman Nurdin Karumpa sebagai Ketua Umum DPP Hikma periode 2021-2026 di hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (27/5/2022). Acara ini juga dirangkai dengan Silaknas  dan Mukernas Hikma. Dari jajaran pengurus sebagian diisi oleh wajah-wajah milenial untuk mendinamisasi organisasi.

Muchlis mengakui banyak tokoh-tokoh nasional berasal dari Hikma lantaran di dukung oleh pembangunan SDM-nya.
“Manusia Bugis mempunyai karakter khusus yaitu pemberani dan konsisten (warani na namagetteng). Jadi kalau mau berhasil harus dipandu dengan kecerdasan dan integritas (macca na melempu),” kata Muchlis yang didampingi Sekjennya Abdul Karim.

- Advertisement -

Sementara itu Andi Rukman mengakui banyak tantangan dan semakin berat. Ada beberapa program yang akan dijalankan untuk kepengurusan DPP Hikma, antara lain bagaimana menjalin dengan pemerintah daerah Enrekang.

“Hikma harus beradaptasi dengan tantangan-tantangan tersebut dengan bekerja keras, bersinergi dan melakukan inovasi,” kata Andi Rukman.

Karena itu, Andi Rukman membangun komunikasi dengan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) agar terbangun soliditas, mendorong DPW dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang telah habis masa kepengurusannya menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) atau Musyawarah Cabang (Muscab) atau melaksanakan pelantikan bagi DPW-DPC yang sudah menerima SK dari DPP Hikma.

Tak kalah penting, kata Andi Rukman, melakukan pembentukan DPW HIKMA di provinsi yang belum berdiri DPW HIKMA. Pengelolaan manajemen organisasi modern, transparan dan akuntabel berbasis database dan digitalisasi,” janjinya.

Bupati Enrekang Muslimin Bando berpesan agar DPP Hikma tidak malla perru (tega, sampai hati). Mengedepankan prinsip tolong nenolong, bantu membantu dan nasehat menasehati (tobana) dimanapun berada. “Semua sudah sukses sekarang. Ingat saat kita susah dahulu,” kata bupati.

Pelantikan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta perwakilan diikuti 26 DPW Provinsi se-Indonesia, tiga perwakilan luar negeri. (Aco)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here