KETUA BPK MINTA REKOMENDASI HASIL PEMERIKSAAN DITINDAKLANJUTI

0
175
- Advertisement -

PINISI.co.id- Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun meminta entitas dan lembaga perwakilan untuk memastikan rekomendasi hasil pemeriksaan ditindaklanjuti.

Pasalnya, untuk memberikan dampak, output yang dihasikan lembaga pemeriksa melalui rekomendasi hasil pemeriksaan, harus mendapatkan dukungan dari seluruh pihak.

“Seluruh pihak yang terlibat dalam siklus akuntabilitas keuangan publik harus dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan negara dan memastikan peningkatan kepatuhan terhadap hukum serta peraturan-pertauran yang berlaku,” kata Ketua BPK dalam seminar internasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) tahun 2023, di Jakarta, Selasa (12/12).

Dalam mengoptimalkan dampak audit untuk mendorong transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, Ketua BPK menyebut, tidak hanya ditentukan oleh sumber daya dan kapasitas yang dimiliki.

- Advertisement -

Akan tetapi, ditentukan juga oleh aksesibilitas serta komunikasi dan interaksi yang optimal dengan pemangku kepentingan, baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah.

“Aksesibilitas atas hasil pemeriksaan BPK akan berdampak luas dalam meningkatkan trust pada pemerintah, yang akhirnya akan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi,” ungkap Ketua BPK yang dalam kesempatan ini memberikan keynote speech dengan topik “Optimalisasi Dampak Audit untuk Mendorong Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Untuk itu, BPK berupaya menjalin hubungan yang lebih kuat dengan para pemangku kepentingan guna mengoptimalkan serta memastikan terealisasinya dampak pemeriksaan.

Antara lain, Ketua BPK menambahkan, dengan meningkatkan publikasi hasil pemeriksaan dan mendiskusikan hasil pemeriksaan BPK di ruang diskusi publik dengan masyarakat, para profesional, dan akademisi.

​Ketua BPK berharap, keterlibatan publik dalam mendiskusikan hasil-hasil pemeriksaan BPK, dapat membawa manfaat dan memberikan motivasi.

Selain itu, juga sebagai tekanan positif bagi pemerintah untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK secara paripurna untuk Indonesia yang lebih baik.

Seminar internasional IAI tahun 2023, dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-66 IAI. Seminar internasional IAI tahun 2023 mengambil tema “Exciting Growth of Accounting Profession: Then, Now, and After”.

Selain Ketua BPK, seminar internasional yang diikuti pengurus dan anggota IAI dari seluruh Indonesia ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI Ardan Adiperdana, serta Dewan Penasihat dan Dewan Pengawas IAI.

Ketua BPK berharap berbagai topik yang dibahas dalam seminar ini dapat menghasilkan langkah konkret yang diperlukan untuk mempersiapkan pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan seluruh anggota IAI dalam menghadapi berbagai tantangan profesi akuntan di masa depan. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here