Kerukunan Masyarakat Bulukumba Buka Warung Makan PADA IDI’ Khas Bugis Makassar

0
2412
Sejumlah pengurus Kerukunan Masyarakat Bulukumba tengah berpose seusai meresmikan warung Pada Idi' di Jakarta.
- Advertisement -

PINISI.co.id- Geliat Pilar Kerukunan Masyarakat Bulukumba tak terhalang adanya Covid-19. Justru dengan bencana ini yang meluluhlantahkan  seluruh sendi kehidupan menjadi pelecut pengurus, penasehat dan warga pilar Bulukumba tetap  melaksanakan kegiatan memulai membangun usaha warung makan ‘Pada Idi’, kuliner khas Bugis Makassar, tidak jauh dari Kantor Walikota Jakarta Utara, tepatnya di  Jln. Berdikari-Kenanga IV No. 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dan mulai dibuka untuk umum Sabtu 18 Juli 2020.

Proses persiapannya  mulai pasca Lebaran Idul Fitri. Perbaikan tempat usaha dilakukan secara gotong royong baik tenaga, pikiran dan materi. Mereka bekerja ikhlas seolah di kampung halaman di Bulukumba, tanpa mengedepankan kasta/status sosial. 

Keunikan pilar Bulukumba, adalah siaddapungeng, sampai hari ini, mereka masih berjibaku mengecat bangku.

“Warung Pada Idi’ adalah bagian ikhtiar menggerakkan  ekonomi untuk menopang organisasi pilar Bulukumba. Selama ini alhamdulillah, setiap ada kegiatan kemanusiaan warga Bulukumba selalu bahu membahu. Sekalipun di antara kami masih banyak yang belum pernah ketemu fisik. Apalagi kondisi pandemi ini seolah kita terhenti total dalam berbagai aktivitas. Lalu bagaimana kita bisa saling menopang?” papar Ketua Umum DPP Kerukunan Masyarakat Bulukumba Jumrana Salikki.

Sementara, lanjutnya, akan tambah banyak masalah ke depan terutama kelanjutan hidup di masing-masing keluarga. Yang kaya saja bisa terpuruk. Apalagi menengah.  Lalu bagaimana yang lain. Nah, bagaimana yang memang kesulitan sebelum ada pandemi.

- Advertisement -

“Bagaimana kami akan membantu?” Tanya Jumrana.

“Semoga adanya warung Pada Idi’ ini adalah bagian ikhtiar kami mempererat silaturahim, menjadi sumber ekonomi baik secara  organisasi maupun secara individu. Insya Allah dengan semangatlah, kita bangkit, memulai menggerakkan apa yang bisa digerakkan.

Selaku nakoda Kerukunan Masyarakat Bulukumba, Jumrana bersyukur, karena kekompakan dari pengurusnya yang luar biasa. Semangat teman-teman menjadi spirit tersendiri.

“Kami hanya memulai berdiri tegak. Insya Allah, yang lain akan menopang. Warung ini juga adalah milik bersama, jadi kami pun berkewajiban untuk menjaga ini,” kata Jumrana.

Warung Pada Idi’ akan memanjakan lidah dan selera masyarakat umum, khususnya orang Sulawesi Selatan. Menu yang ditawarkan adalah makanan sehat dan murah. 

Pengelola Warung Padaidi Ratna Said Makkuaseng menjamin harga di warung ini terjangkau, dan insya Allah enak dan tempatnya  nyaman.

Menu andalan adalah segala jenis ikan bakar, ikan nasu cempa/Pallu mara, ayam bakar (kampung), ayam goreng, dll, serta aneka kue dan minuman khas Bugis Makassar. [PK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here