Kementerian ATR/BPN Adakan Baksos dan Bazar, Masyarakat Ikut Rasakan Semangat HANTARU 2023

0
185

PINISI.co.id- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dan Bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada Kamis (14/09/2023) di Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Banten. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2023.

Beberapa kegiatan diselenggarakan dalam kesempatan tersebut. Mulai dari medical check up dengan jumlah 300 peserta, khitanan massal untuk 100 orang, serta Bazar UMKM dengan melibatkan 11 peserta dari Kantor Pertanahan se-Provinsi Banten. Kegiatan baksos dan bazar sendiri diinisiasi oleh Kanwil BPN Provinsi Banten beserta IKAWATI di Kanwil BPN Provinsi Banten yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Serang.

Dalam sambutan pembukanya, Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto berterima kasih kepada seluruh pelaksana. Ia mengimbau, untuk terus mendukung program pemerintah dalam hal ini bagaimana meningkatkan perekonomian negara melalui Reforma Agraria dan UMKM.

“Mari sambut dengan baik program Reforma Agraria untuk masyarakat sejahtera dengan diberikannya sertipikat hasil PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red) yang harapannya bisa menjadi modal untuk usaha mereka,” ucap Nanny Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN mengatakan, “Itulah yang menjadikan Indonesia maju. Bila kita betul-betul ingin mengentaskan kemiskinan itu tidak hanya sekadar memberi sertipikat dan melatih UMKM, tapi juga harus dibarengi dengan pembinaan secara rutin. Semoga UMKM produksi Banten menjadi gemilang dan juga menjadi percontohan provinsi lain,” ucapnya.

Untuk ikut merasakan kegembiraan masyarakat yang datang mengikuti kegiatan tersebut, Nanny Hadi Tjahjanto berkeliling mengunjungi dan berbincang dengan masyarakat. Ia mendatangi stan pemeriksaan kesehatan, stan UMKM, hingga ruang khitan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN Provinsi Banten, Sudaryanto yang juga merupakan Pembina IKAWATI Kanwil BPN Provinsi Banten melaporkan bahwa produk yang ditampilkan di gerai UMKM pada pameran ini ialah hasil UMKM binaan IKAWATI Kantor Pertanahan dan Tim Pemberdayaan Masyarakat se-Provinsi Banten.

“Kami sudah mencoba melaksanakan arahan dari Ibu Menteri, kami buka gerai-gerai kecil UMKM. IKAWATI Provinsi Banten terus mendorong pemberdayaan masyarakat agar UMKM di daerah dapat tumbuh dan berkembang searah dengan program Kementerian ATR/BPN, yaitu Reforma Agraria,” terang Sudaryanto.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Agraria, Awaludin selaku Koordinator Penyelenggara Donor Darah dan Baksos HANTARU Tahun 2023; para Kepala Kantor Pertanahan di Provinsi Banten; para Pejabat Administrator di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Banten; Ketua Umum IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Dian Suyus beserta jajaran; Ketua IKAWATI Provinsi Banten beserta jajaran; para Ketua IKAWATI Kantah kota/kabupaten se-Provinsi Banten beserta jajaran; Ketua Dharma Wanita Provinsi Banten; serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here