Gudang Kayu Milik Warga KKSS di Kalibaru Rata Dilalap Api, Termasuk Kantor Primer Puskopelra

0
898
H.Bustamin (dua dari kiri) bersama jajaran Polres Jakarta Utara tengah meninjau lokasi kebakaran gudang kayu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (20/9/2020).

PINISI.co.id- Sedikitnya 22 rumah dan gudang kayu yang berada di Jalan Kalibaru Barat 1, RT 02/RW 08, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara terbakar dini hari tadi, Ahad, 20 September 2020. Petugas pemadam pertama kali menerima laporan  kebakaran itu pada pukul 01.47.

“Dini hari sekitar pukul 1.30 ada seseorang yang melempar puntung rokok ke sampah limbah kayu kering. Dari situ sumber api berasal,” kata H. Bustamin, saat dihubungi PINISI.co.id, pada Ahad, 20 September 2020.

Suku Dinas Kebakaran sendiri hingga pagi mengerahkan 19 unit mobil pemadam dan menurunkan 95 personel ke rumah dan gudang terbakar. Sudah dua kali petugas pemadam kebakaran ditugaskan ke sana.

- Advertisement -

Hingga sekitar pagi tadi, pemadaman api belum sepenuhnya tuntas. Gudang kayu milik Bustamin masih berasap. “Alhamdulillah hujan lebat membantu pendinginan api,” ucap Bustamin.

Menurut Bustamin, kantor Primer Pusat Koperasi Pelayaran Rakyat di mana ia jadi Kepala Kantor di situ habis dilalap api. “Kerugian ditaksir setengah miliar rupiah,” kata anggota Dewan Kerohanian BPP KKSS ini.

Namun, berutung kata Bustamin, gudang kayunya buru-buru dibobol warga sehingga api tidak sampai merembet ke gudangnya. “Cuma berasap,” kata Bustamin mengucap syukur.

Umumnya gudang kayu ini adalah milik saudagar-saudagar Bugis Makassar. “70 persen pemiliknya  adalah warga KKSS. Saya taksir miliaran kerugian dari harga kayu yang habis terbakar,” kata Bustamin yang sampai pukul 10.00 WIB ini masih meninjau lokasi kebakaran bersama jajaran Polres Jakarta Utara. (Lip)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here