Gagas Forum Nasional Sinergi Kolaboratif Tokoh Penerma NJDP, Adin Bondar Beri Apresiasi

0
492
- Advertisement -

PINISI.co.id- Forum Nasional Sinergi Kolaboratif Tokoh Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, menggelar Talkshow Nasional bertajuk” Menginspirasi Indonesia, Melalui Ekosistem Membaca dan Menulis”, Sabtu 11 Februari 2023 melalui zoom.

Forum Sinergi Kolaboratif yang digagas Tokoh Literasi Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka, Bachtiar Adnan Kusuma, menjadi pembicara prolog, dipandu Duta Baca Sulawesi Selatan 2018-2021, Rezky Amaliah Syafiin dengan menampilkan pembicara Sofian Munawar, Penerima Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional yang juga pendiri ruang baca Komunitas Banjar, Jawa Barat, Raden Roro Hendarti, Penerima Nugra Jasadharma Pustaloka (pendiri Limbah Pustaka, Jawa Tengah), Zuhri, AR, Ketua GPMB Papua dan penerima NJDP dan Aipda Belmi Siallagan, Penerima NJSD dari Kalbar, diikuti puluhan peserta dari Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Bogor, Papua, Kalimantan, Gorontalo, Sulbar, Maluku Utara, Makassar, Maros, Gowa, Jeneponto, Barru, Pangkep, Bulukumba.

BAK menekankan perlunya ruang terbuka sinergi dan kolaboratif para pelaku, penggerak, tokoh perpustakaan terutama berbasis masyarakat untuk menggalang kerjasama produktif terutama memberikan gagasan dan pemikiran kepada Perpustakaan Nasional terkait pemberdayaan para pegiat gerakan membaca dan gerakan literasi yang ada di wilayah provinsi maupun kab/kota di Indonesia.

Karena itu, BAK yakin dan percaya dengan melalui forum Nasional para pelaku gerakan membaca dan gerakan literasi maupun tokoh-tokoh penerima NJDP Perpustakaan Nasional, akan menjadi ruang terbuka saling berbagi ide, berbagi pengalaman, saling menguatkan dan saling menginspirasi untuk Indonesia yang lebih maju.

“Saya berharap dengan forum nasional para pegiat gerakan membaca dan gerakan literasi maupun tokoh-tokoh penerima NJDP, menjadi perekat kekuatan sekaligus penguat mitra utama Perpustakaan Nasional,” kata BAK yang juga Deklarator Nasional Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia dan Penggerak Nasional Gerakan Satu Masjid Satu Perpustakaan Ika BKPRMI Perpustakaan Nasional ini.

- Advertisement -

Sementara itu, Raden Roro Hendarti, Sofian Munawar, Zuhri AR dan Aipda Belmi, tampil memukau dengan menyampaikan kisah inspiratif berjuang tanpa lelah memajukan gerakan membaca dan gerakan literasi di berbagai daerah di Indonesia. Intinya, Raden Roro, Sofian Munawar dan Belmi, sepakat berharap Perpustakaan Nasional memberikan perhatian besar bagi pegiat literasi di daerah. Karena itu, Zuhri AR, dari Papua, berharap melalui forum nasional ini bisa menjadi ruang saling menguatkan sesama tokoh dan pegiat literasi di Indonesia.

“Kami menyampaikan apresiasi tinggi atas gagasan Pak BAK membuka ruang sinergi dan kolaboratif sesama pegiat literasi maupun tokoh penerima NJSD Perpustakaan Nasional,” kata Zuhri.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakan, Perpustakaan Nasional, Adin Bondar, memberi apresiasi dan menyambut baik gagasan sinergi dan kolaboratif nasional melalui forum penerima NJDP ini. “ Kami memberi apresiasi tinggi dan silahkan jalan” kata Adin Bondar, melalui pesan singkat. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here