Festival Budaya Sulsel Marakkan Mubes XI KKSS Solo

0
83

PINISI.co.id,Jakarta– Musyawarah Besar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) XI yang akan dihelat di Solo, Jawa Tengah 15-17 November 2019, akan dirangkaikan dengan peragaan dan prosesi perkawinan adat Bugis Makassar dan kuliner gratis dalam acara Festival Budaya Sulawesi Selatan. Hal itu dikemukakan Ketua Panitia Lokal Mubes XI KKSS Musdalifah Pangka dalam Rapat Koordinasi Panitia di Hotel Lor Inn Solo, Sabtu, (14/9/19).      

Adapun acara budaya yang digelar pada 10 November 2019 itu, menyajikan festival budaya dalam bentuk perkawinan adat Bugis Makassar dimulai dari prosesi mammanu manu, mappetuada, mappatemme, mappaci, mappenre botting, mappadikarawah, hingga mapparola. Adapun sajian kuliner akan menghidangkan berbagai makanan khas Sulawesi Selatan seperti coto makassar, konro, barongko, sikaporo dan banyak lagi lainnnya. Berbagai masakan tradisional ini diolah oleh antara lain KKSS Solo Raya, Jepara, Kudus, Semarang, Pekalongan, Banyumas, Cilacap, Demak, dan Yogyakarta.   

“Kami menyiapkan 6.000 porsi makanan untuk warga Solo secara gratis. Ini agar masyarakat luas khususnya di Solo mengenal cita rasa dan kekayaan kuliner Sulawesi Selatan,” kata Musdalifah yang juga Ketua KKSS Jawa Tengah. 

Sebaliknya, kata Musdalifah, peragaan perkawinan adat Bugis Makassar perlu diketahui luas oleh warga secara luas bagaimana prosesi hingga makna dari filosofi perkawinan yang sakral ini. Selanjutnya pada 14 November 2019, KKSS Jawa Tengah akan memberikan Gelar Adat untuk Walikota Surakarta dan Semarang.

Rapat yang diikuti oleh Sekretaris Panitia Pusat Nur Amin, dan Ketua BPD KKSS Yogyakarta Husain juga unsur Badan Pengurus Daerah dan Ikatan Mahasiswa Sulsel  yang di Solo dan Semarang. Rapat ditutup dengan doa bersama untuk Bj Habibie yang juga merupakan Dewan Kehormatan KKSS.

Menurut Nur Amin, Mubes akan dilangsungkan di hotel Lor In Solo yang diperkirakan dihadiri oleh 1.200 peserta dan penggembira dari seluruh Indonesia dan luar negeri. “Panitia pusat sendiri selalu berkoordinasi dengan panitia lokal demi suksesnya acara ini,” kata Wakil Sekjen KKSS ini.

Sementara itu Husain siap memandu peserta dari berbagai daerah yang akan berwisata ke kota Yogyakarta usai pemilhan Ketua Umum KKSS periode 2019-2024.

Saat ini ada dua calon ketua umum KKSS yang telah resmi mendeklarasikan diri untuk bersaing dalam Mubes KKSS di Solo, yakni Muchlis Patahna, SH dan Dr. Andi Jamaro Dulung. Keduanya adalah Wakil Ketua Umum KKSS dan tokoh senior KKSS dan pelanjut dari pendiri KKSS yakni Mayjen TNI Azis Bustam dan Andi Sose hingga generasi Prof. Dr. Beddu Amang dan kini HM Sattar Taba yang segera mengakhiri masa jabatannya. (Lippo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here