Dr. Muhammad Zain: Ramadhan, Bulan Mendekatkan Diri Kepada Al-Quran

0
675
- Advertisement -

PINISI.co.id- Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) kembali menggelar kuliah Ramadan Sabtu, 17 April 2021, menghadirkan narasumber melalui aplikasi Zoom, Dr. Muhammad Zain, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Program ini diikuti oleh Pengurus, anggota, dan warga KKSS di seluruh dunia, nampak hadir Ketua Umum BPP KKSS, Muchlis Patahna. Acara dipandu oleh Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, Wakil Ketua Umum BPP KKSS yang membawahi Departemen Cendekiawan dan Kerohanian.

Muhammad Zain memulai pembahasannya dengan mengajak Pengurus dan Warga KKSS untuk kembali menyegarkan pengertiannya tentang kemuliaan bulan Ramadan. Setiap kali menyambut ramadan, kita selalu memulainya dengan ungkapan Marhaban ya Ramadan. Ramadan bermakna bulan rehab. Kita berkesempatan untuk merehabilitasi diri, pertobatan dan pembersihan diri dari khilaf dan dosa kita di masa lalu. Kita juga akrab dengan ungkapan Ramadan Karim, seperti yang pernah diucapkan oleh Barack Obama, mantan Presiden Amerika yang menyampaikan tahniah untuk masyarakat muslim Indonesia. Terma kariem ( Arab kuna) adalah gabungan makna murah hati dan kebiasaan berderma atau berbagi dengan sesama sebagai wujud dari kesetiaan; puasa juga mengajarkan kita untuk makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Selanjutnya, Dr. Zain menjelaskan manfaat yang didapatkan oleh orang-orang yang rajin membaca dan tekun memahami makna Alqur’an. Zain mengutup pendapat seorang ulama, Abdullah Darraz dalam kitabnya, al-Naba’ al-Azhim. Ulama tersebut menerangkan bahwa: “Jika engkau membaca Alqur’an maka tampaklah kebenaran darinya. Jika engkau mengulangi membacanya maka tampaklah kebenaran yang berbeda dengan pembacaan yang pertama. Jika engkau mempersilakan orang lain untuk membacanya, maka nampak kebenaran yang berbeda dengan kebenaran yang engkau lihat. Demikian selanjutnya… Alqur’an laksana mutiara yang setiap sudutnya memancarkan cahaya yang berbeda-beda.”

Kuliah Ramadan kedua ini dilengkapi dengan dialog: Tanya-jawab Dr. Muhammad Zain dengan beberapa pengurus dan warga KKSS. Sejumlah pertanyaan yang diajukan, seperti uang riba dan bank konvensional, haruskah membaca al-Qur’an dan paham maknanya, bagaimana cara menanamkan nilai-nilai luhur Islam kepada generasi milenial.

- Advertisement -

(M. Saleh Mude)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here