Ditraktir Makan Durian Musang King oleh PM Malaysia

0
554
- Advertisement -

Catatan Ilham Bintang

Senin (30/5), tampaknya menjadi hari baik bagi belasan wartawan Indonesia yang memenuhi undangan peringatan Hari Wartawan Nasional Malaysia, di Melaka, Minggu (29/5) lalu. Esoknya, 15 Pemimpin Redaksi media pers Indonesia itu ditraktir bersantap durian produksi lokal Malaysia oleh Perdana Menteri Ismail Sabri Yaacob. Bayangkan duriannya : Musang King dan varian unggulan buah berduri itu lainnya.

“Pesta durian” berlangsung di teras lantai 1, kantor PM di Putra Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (30/5) siang. Ada empat jenis durian yang disajikan : Musang King, Durian Duri Hitam, Hoblor dan Durian Udang Merah yang di Jakarta merupakan ” barang mewah” dan mahal. Itupun yang dijual di Tanah Air kebanyakan jenis beku ( prozen). Yang harga per box, berat 400 gram, Rp.400- 500 ribu. Untuk “pesta ” durian itu didirikan tenda khusus memayungi beberapa dan kursi untuk tamu undangan. Durian dihidangkan dalam posisi amat menggoda. Kulitnya sengaja dikupas separuh sehingga menampakkan biji-biji durian yang mengkilat, yang warnanya kuning keemasan.
Di belakang, tampak berjejer keranjang berisi puluhan buah durian “fresh” yang masih utuh sebagai “back up.”. Tak salah kalau dikatakan seperti pesta “mandi durian”.

Durian Matang Pohon

Sebelum bersantap siang, saya diam-diam survey ke sana. Alhasil, saya harus membatasi menyantap menu lunch yang resmi supaya tersisa “ruang” untuk bersantap sepuasnya buah favorit itu. Pemasok durian adalah D’King, perusahaan eksportir durian ke mancanagara termasuk Indonesia. ” Durian yang disajikan sekarang, semuanya matang di pohon, ” kata Simon Chin, pendiri dan managing director D’King, lebih meyakinkan.

- Advertisement -

Menurut data ekspor durian Malaysia ke berbagai negara sebesar 30.4 USD juta pada 2022-03. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 27.5 USD untuk 2022-02. Ekspor ke China terbesar, 7.700 ton dengan nilai US$67 juta (Rp987 miliar ).

Urusan durian ini Thailand lah jagonya. Negara itu merupakan eksportir atau pemasok terbesar durian dunia. Tahun lalu, ekspor Thailand ke China saja nilainya mencapai Rp. 21 T. Di bawahnya, beberapa negara proudusen durian yang turut meramaikan bisnis ini sebagai pengekspor, yaitu Vietnam, Philipina dan Indonesia yang mencatat angka ekspor 1.087 ton tahun 2019.

PM Mengajari Wartawan Minum

Delegasi wartawan Indonesia dipimpin Asro Kamal Rokan, wartawan senior, Presiden Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia – Indonesia ( Iswami), Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari, Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang sebagai anggota delegasi. Ikut juga Setiausaha Agung ISWAMI, N. Syamsuddin Ch. Haesy, Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas yang juga anggota Dewan Pers periode 2022-2005.

Ikut juga Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa yang merupakan pendiri Kantor Berita Politik RMOL, Pemimpin Redaksi Kumparan yang juga Ketua Forum Pemred,Arifin Asydhad, Pemred LKBN Antara Akhmad Munir, Pemred Koran Sindo Pung Purwanto, Pemred Majalah Tempo Setri Yasa, Pemred Jakarta Post M. Taufiqurrahman, Pemred Detik.com Alfito Deannova Ginting, Wakil Pemred MetroTV Budiyanto, General Manager News TVOne Ecep S. Yasa, serta Wakil Pemred Republika Nur Hasan.

PM Ismail Sabri tidak cuma mengajak makan durian, tetapi juga mengajari cara menghindari dampak rasa panas di dalam tubuh sehabis makan durian. Sebagai penutup minum air putih dari kulit dalam durian sebagai gelasnya. Setelah itu bersihkan jari-jari tangan di ruas kulit yang sama. Ini untuk menghindari bau durian melekat lama di tangan. Mayoritas delegasi wartawan memang penggemar durian, bahkan ada tak sedikit penggemar berat. Seperti Teguh Santosa, Asro, Kamal Rokan, dan Arifin Asydhad. Empat durian varian unggul di depan mata momen itu tentu sayang dilewatkan begitu saja.

PM menyatakan gembira produk buah dari lahan pertanian Malaysia mulai dikenal dunia.

Dia bercerita beberapa teman sesama kepala negara kalau dia kunjungi minta dibawakan oleh- oleh durian Musang King. Belum lama ia membawakan buah itu untuk Sultan Bolkiah di Brunei. Ketika berkunjung ke Indonesia bawa juga oleh – oleh durian untuk Pak Jokowi?

” Oh, saya tidak tahu Pak Jokowi suka buah durian,” sahutnya.

Islmai Sabri gembira konsumen durian produk Malaysia sudah meluas ke berbagai belahan dunia. “Banyak petani sekarang beralih dari semula menanam sawit sekarang menanam pohon durian,” ungkapnya.

Sri Ismail Sabri Yaacob dilantik menjadi PM Malaysia 21 Agustus 2021, mengantikan PM Muhyidin Yassin. Penetapannya menjadikan tanggal penerbitan surat kabar “Utusan Melayu” 29 Mei 1939 sebagai Hari Wartawan Nasional Malaysia disambut gembira insan media di negeri jiran itu.

Utusan Melayu adalah surat kabar pertama berbahasa Melayu, yang sepenuhnya dimiliki, dibiayai dan dikerjakan oleh Bumi Putera ( pribumi). Menarik mengikuti sejarah koran Utusan Melayu. Ternyata modal penerbitan koran itu hasil patungan para guru, nelayan dan supir taksi.

Momen peringatan Hawana 2022 sekaligus mencairkan hubungan “dingin” pemerintah dengan wartawan Malaysia beberapa waktu ini. Apalagi saat meresmikan peringatan Hawana 2022 di Melaka, hari Minggu ( 29/5) petang ia menyatakan peringatan hari bersejarah itu akan dilaksanakan setiap tahun.

Hawana, bukan hanya menghormati jasa wartawan Malaysia tetapi juga untuk mengenang jasa-jasa guru, nelayan, supir taksi dan rakyat jelata lainnya. Sesuai Tema perhelatan Hawana 2022 sendiri : ” Suara Jelata, Aspirasi Negara”.

Selain itu, PM menyatakan juga jaminannya terhadap kebebasan pers di Malaysia, dan mengajak seluruh media dan wartawan memerangi hoaks dan berita bohong yang mengganggu masyarakat, pemerintah, dan wartawan sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here