Ditjen Hubdat Gelar Penganugerahan Wahana Adhigana dan Abdi Yasa Tingkat Nasional

0
224
- Advertisement -

PINISI.co.id- Sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada insan penyelenggara pelayanan angkutan orang yang berperan penting dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali menggelar penganugerahan Wahana Adhigana dan Abdi Yasa Tingkat Nasional tahun 2023 pada Jumat (22/9) di Hotel Ibis Style, Jakarta.

“Kegiatan penganugerahan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Namun pada tahun 2021 dan 2022 dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka pemilihan Abdi Yasa dan Adhigana ditiadakan dan pada tahun 2023 kita kembali menyelenggarakan pemilihan Abdi Yasa terbaik dan Wahana Adhigana tingkat nasional,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Dirjen Hendro mengatakan bahwa acara penganugerahan Wahana Adhigana dan Abdi Yasa diselenggarakan dengan tujuan untuk menyejajarkan dan menghargai profesi pengemudi angkutan orang dengan profesi lainnya.

“Penyelenggaraan kegiatan pemilihan tahun ini bertujuan untuk menyejajarkan insan-insan pengemudi angkutan umum. Kita hargai dan sejajarkan dengan insan-insan pembangunan lainnya, sehingga ada penghargaan yang baik terhadap operator-operator dan pengemudi-pengemudi khususnya di angkutan darat,” ucap Dirjen Hendro.

Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas jalan sebagai wujud aktualitas Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat memacu operator dan pengemudi menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, profesional, bermoral dan berkualitas, sehingga semakin banyak pengguna angkutan pribadi yang beralih ke transportasi umum.

- Advertisement -

“Selamat kepada para pemenang Wahana Adhigana dan Abdi Yasa Tingkat Nasional 2023 atas segala upaya dalam memberikan pelayanan dan keselamatan transportasi darat. Saya juga berharap untuk terus bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kualitas angkutan umum di Indonesia menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sebagai informasi, peserta yang ikut dalam proses pemilihan Abdi Yasa tingkat nasional 2023 adalah sebanyak 30 orang dari unsur pengemudi. Sementara itu, ada 35 perusahaan angkutan antarkota antarprovinsi dan angkutan pariwisata yang ikut serta dalam pemilihan Wahana Adhigana.

Pada kegiatan ini, Direktur Angkutan Jalan, Suharto menjelaskan mekanisme pemilihan pemenang penghargaan Wahana Adhigunda dan Abdi Yasa.

“Proses pemilihan ini melalui proses yang cukup panjang, yakni melalui pembekalan-pembekalan yang telah dilaksanakan di Politeknik Transportasi Darat Indonesia oleh para akademisi dan praktisi yang terdiri dari KNKT, Korlantas, Jasa Raharja dan akademisi STTD,” ucap Direktur Angkutan Jalan, Suharto.

Lebih lanjut Ia menjelaskan proses pemilihan yang dilakukan melalui tiga tahapan. Fase pertama adalah koordinasi dan penetapan kriteria. Fase kedua adalah pendaftaran sekaligus proses penilaian berupa self assessment, survei kepuasan pelanggan, survei kinerja dan kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang terpilih. Fase ketiga adalah pemberian penghargaan kepada para pemenang Wahana Adhigana dan Abdi Yasa.

Adapun para pemenang Wahana Adhigana dan Abdi Yasa adalah sebagai berikut:

Pemenang Wahana Adhigana

a. Kategori AKAP Perusahaan Besar

Juara I : PT Rosalia Indah Transport 
Juara II : PT Sinar Jaya Megah Langgeng 

b. Kategori AKAP Perusahaan Sedang

Juara I : PT San Putra Sejahtera 
Juara II : PT Eka Sari Lorena Transport Tbk 
Juara III : PT Sumber Alam Ekspres 

c. Kategori AKAP Perusahaan Kecil

Juara I : PT Inspired Sinar Abadi
Juara II : PT Wahana Indo Trada Mobilindo
Juara III : PT Medali Mas Transportation

d. Kategori PARIWISATA Perusahaan Besar

Juara I : PT Big Bird Pusaka
Juara II : PT Sinar Jaya Langgeng Utama 
Juara III : PT Hiba Utama 

e. Kategori PARIWISATA Perusahaan Sedang

Juara I : PT Weha Transportasi Indonesia Tbk 
Juara II : PT Jackal Holidays 
Juara III: PT United Automobil Sembilan Puluh Utama

f. Kategori PARIWISATA Perusahaan Kecil

Juara I : PT Anugerah Karya Utami Gemilang
Juara II: PT Putra Mas Trans
Juara III: PT Travela Linkar Sejahtera

Pemenang Abdi Yasa:

1) Juara I : Zulfi Indra
PT/PO : Blue Bird Group Padang
Provinsi : Sumatera Barat

2) Juara II : Yusuf Fadilah
PT/PO : Purimas Jaya
Provinsi : DKI Jakarta

3) Juara III : Emi Asyhari
PT/PO : PT. Yessoe Travel
Provinsi : Kalimantan Tengah

Acara ini dihadiri juga oleh Kakorlantas Polri, Firman Santyabudi; Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono; Ketua Umum DPP Organda, Adrianto Djokosoetono; Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero), Rivan A Purwantono; para Pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat beserta jajarannya, para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi di Indonesia; serta para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II. (Syam)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here