Disiapkan 10 Hotel untuk Kepala Negara dan Delegasi World Water Forum ke-10

0
341
- Advertisement -
Salah satu hotel yang disiapkan.

PINISI.co.id- Sebanyak 10 hotel di kawasan The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali akan menjadi tempat menginap tamu negara kategori VIP dan VVIP yang dijadwalkan menghadiri World Water Forum ke-10 pada 18–25 Mei 2024.

“Hingga saat ini ada tujuh hotel untuk tamu VVIP dan tiga hotel untuk tamu VIP dan para delegasi,” kata General Manager PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) I Made Agus Dwiatmika di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (8/5/2024).

Seluruh hotel yang terkonfirmasi itu, lanjut dia, sedang meningkatkan kesiapan fasilitas maupun sistem pengamanan di antaranya berupa mesin pemindai atau X-ray dan portal pemeriksaan keamanan atau security door.

Kawasan The Nusa Dua memiliki total sekitar 5.485 kamar yang tersebar di 22 hotel bintang lima dan vila mewah serta memiliki fasilitas ruang pertemuan yang dapat menampung sekitar 21.000 delegasi.

Selain di hotel, fasilitas khusus ruang pertemuan tersebut juga ada di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC) yang menjadi lokasi utama World Water Forum ke-10.

- Advertisement -

Ia menambahkan BICC akan menjadi lokasi pertemuan para kepala negara yang dijadwalkan 20–21 Mei 2024.

Acara itu akan dilanjutkan dengan pertemuan bersama penanggung jawab proses politik, tematik, dan regional serta pertemuan bilateral beberapa kepala negara menyangkut masalah air.

Sementara itu, di gedung BNDCC, BICC dan pusat perbelanjaan Bali Collection Nusa Dua serta di Pantai Kuta juga akan menjadi lokasi pembukaan pameran pada 20–25 Mei 2024.

Parade budaya juga dijadwalkan dilaksanakan di kawasan The Nusa Dua pada 20 Mei 2024 pukul 17.00-18.00 WITA.

“Pawai budaya itu akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang akan memesona para delegasi dan menambahkan sentuhan lokal pada acara tersebut,” katanya.

Sementara itu, dari sisi keamanan ITDC juga memiliki pusat kendali atau command center yang menawarkan fasilitas modern untuk memastikan keamanan dan koordinasi yang efisien selama penyelenggaraan World Water Forum ke-10.

Fasilitas itu dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV) terintegrasi, monitor televisi, radio komunikasi terintegrasi, tautan sistem informasi dengan BMKG dan BNPB berupa sistem peringatan dini tsunami, gempa bumi dan cuaca ekstrim.

Selain itu, satuan pengamanan ITDC yang diperkuat dengan sistem pengamanan mengerahkan anjing pelacak (K9), unit pemadam kebakaran dan patroli kawasan.

“Melalui kerja sama dan inovasi, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masa depan bumi,” imbuhnya. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here